Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Alexander Matthew Ceritakan Keunikan Transportasi di Jerman

May 27, 2024

by Fahma Ainurrizka

Setiap negara memiliki ciri khasnya sendiri dalam sistem transportasinya. Kali ini, Matthew memperlihatkan sistem transportasi di Jerman; yang nggak umum dijumpai Indonesia. Ternyata, di Jerman terdapat moda transportasi unik berupa kereta gantung. Yuk, kita telusuri lebih lanjut!

Alexander Matthew, talent Mantappu Corp. | Sumber: Instagram/alexandrmatthew_

Halo, TeMantappu!

Setiap negara punya ciri khas dalam sistem transportasinya, yang mencerminkan budaya, geografi, dan kebutuhan masyarakatnya. Perbandingan antara Jerman dan Indonesia memperlihatkan perbedaan yang mencolok dalam infrastruktur transportasi. Matthew mengajak kita untuk menjelajahi perbedaan tersebut dengan memfokuskan perhatian pada salah satu contoh menarik, yaitu kereta gantung di Jerman!

Sementara Indonesia menawarkan berbagai moda transportasi seperti bus, kereta api, dan angkutan umum lainnya, kereta gantung bukanlah pemandangan umum di sini. Di negara kepulauan ini, dominasi kendaraan bermotor dan angkutan umum darat menjadi ciri khas tersendiri dalam mengelola mobilitas penduduknya.

Nah, kira-kira seperti apa moda transportasi umum di Jerman? Yuk, kita bahas bareng Matthew!

Kereta Pisah di Jerman

Kereta pisah di Jerman | Sumber: TikTok/alexandrmatthew_

“Awalnya kukira ini kereta biasa, ternyata kereta yang bisa pisah, Guys,” ujar Matthew, menggambarkan kebingungannya kala kali pertama mencoba kereta pisah di Jerman.

Konsep kereta pisah ini memungkinkan untuk berpindah jalur dan memisahkan diri ketika tiba di stasiun tertentu. Misalnya, ketika sampai di stasiun A, bagian depan kereta akan melanjutkan ke destinasi B, sementara bagian belakang menuju destinasi C. Jadi, mesti teliti dalam melihat tujuan kereta bagian depan dan belakang biar nggak salah rute destinasi. Unik, ya, TeMantappu?

Meskipun teknologi ini menjanjikan efisiensi besar dengan memungkinkan dua rute dengan tujuan yang sama menggunakan rel yang sama, penumpang harus waspada untuk memastikan mereka berada di gerbong yang tepat sesuai tujuan perjalanan mereka. Beruntungnya, Matthew berhasil pindah ke gerbong yang tepat sebelum kereta berpisah. Kalau nggak bisa-bisa salah tujuan, deh. 

“Menurutku sistem ini efisien banget, sih. Dua rute dengan tujuan yang sama bisa pakai satu rel aja. Tapi penumpang harus hati-hati, ya, supaya nggak salah gerbong kayak aku,” tambah Matthew.

Schwebebahn atau Kereta Gantung di Jerman

Kereta gantung di Jerman | Sumber: TikTok/alexandrmatthew_

Kota Wuppertal, Jerman, nggak hanya dikenal karena keindahan alamnya, tetapi juga karena sistem transportasi ikoniknya yang disebut Schwebebahn, atau lebih dikenal sebagai kereta gantung. 

Matthew menceritakan kalau awalnya gagasan kereta gantung ini diajukan kepada kota-kota besar seperti Berlin dan Munich. Namun, disayangkan, proposal tersebut ditolak oleh otoritas setempat.

Namun, kota Wuppertal melihat potensi yang luar biasa dalam gagasan tersebut dan memutuskan untuk menerima proyek tersebut. Pada tahun 1900, Schwebebahn resmi beroperasi, menjadikannya salah satu sistem kereta gantung listrik tertua yang masih berfungsi hingga saat ini di seluruh dunia.

“Transportasi ini telah menjadi ikon kota,” jelas Matthew, sambil melihat turis dari berbagai belahan dunia, termasuk dirinya sendiri yang datang jauh-jauh untuk menikmati pengalaman unik naik Schwebebahn.

Keistimewaan Schwebebahn nggak hanya terletak pada desain futuristiknya, tetapi juga pada lokasinya yang unik. Konstruksi pembangunan kereta gantung ini sengaja dilakukan di atas sungai. Ini untuk membebaskan ruang di pusat kota yang padat dengan bangunan-bangunan.

Matthew sendiri tak dapat menyembunyikan kekagumannya ketika mencoba naik Schwebebahn. “Keren, Guys. Rasanya kayak melayang di atas sungai,” ujarnya dengan antusias.

***

Dengan keunikan dan keindahan yang ditawarkan oleh Schwebebahn, nggak mengherankan kalau banyak orang tertarik untuk mencoba pengalaman naik kereta gantung ini. Kamu termasuk salah satunya nggak, nih, TeMantappu? Kalau kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Jerman, pastikan untuk menyempatkan diri mencoba transportasi di Jerman, ya!

Media Sosial Alexander Matthew

Mau tahu lebih banyak tentang fakta lain seputar Jerman? Ikuti media sosial Matthew di bawah ini biar nggak ketinggalan upcoming updates dari Matthew:

Artikel Terkait

Recent Posts

Melly Krista dan hat hairtyle gaya rambut saat memakai topi

Inspirasi Gaya Rambut Pakai Topi, Tetap Stylish dan Cantik!

Ini dia gaya rambut saat memakai topi! Kamu sering bingung dan pusing nggak, sih, saat menentukan styling rambut yang cocok saat pakai topi? Belum lagi, kalau rambut jadi berantakan dan bikin nggak nyaman. Udah, deh, jadi badmood. Nah, kali ini Melly Krista memberikan inspirasi hat hairstyling yang bisa kamu coba. Yuk, kita simak!

Detektif Reomit menjelaskan kasus kriminalitas di Korea

Rekomendasi “Detektif Reomit” yang Bahas Kriminalitas Remaja di Korea

Salah satu segmen yang dinanti Bolo-Bolo alias penonton Korea Reomit di tiap minggunya adalah “Detektif Reomit”. Di segmen ini, Hansol menceritakan berbagai kasus kriminal menarik yang terjadi di Korea. Kali ini, TeaMantappu telah merangkum beberapa video konten “Detektif Reomit” yang wajib banget kamu tonton, khususnya yang membahas tentang kriminalitas yang melibatkan anak di bawah umur di Korea. Yuk, kita simak!

Halal Tour Tomo di Jepang

Menyusuri Keindahan Jepang Lewat Halal Tour Tomo

Kali ini, kita bakal seru-seruan bareng Tomohiro di Halal Private Tour. Perjalanan dimulai dari Tokyo Station yang ikonik, dilanjutkan ke Shibuya Crossing untuk mencicipi wagyu A5 yang lezat di Gyumon Halal Sukiyaki, sampai menikmati keindahan sakura di Oishi Park dengan latar belakang Gunung Fuji yang megah. Pokoknya, pengalaman menyusuri Jepang yang autentik, deh. Yuk, simak perjalanannya!