Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Suasana Lebaran ala Erika Ebisawa dan Farhan Firmansyah

April 29, 2023

by Nadya Christie

Apa aja tradisi unik saat lebaran ala Erika Ebisawa dan Farhan Firmansyah? Simak pembahasannya di artikel ini!

Taqabbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat merayakan Idul Fitri 1444 H bagi teMantappu yang merayakan!

Di momen lebaran tahun 2023 ini, teMantappu ada rencana mudik atau liburan ke mana nih? Pada artikel ini, mari kita intipin apa aja sih aktivitas Erika dan Farhan di lebaran tahun ini.

Yuk, langsung cek pembahasannya di bawah ini!

Mudik Lebaran ala Erika dan Farhan

Lebaran memang seringkali menjadi waktu yang tepat untuk mudik alias pulang kampung. Momen setahun sekali untuk berkumpul kembali bersama dengan sanak-saudara yang mungkin jarang ditemui karena sibuk dengan pekerjaan maupun kehidupan masing-masing.

Kalau Erika dan Farhan, mudik ke mana nih? Erika, yang kebetulan sekarang ini sedang tinggal sendirian di kos yang ada di pinggiran wilayah Tokyo, mudik ke rumah orang tuanya yang berada di pusat Tokyo. Nah, kalau Farhan, biasanya ia mudik ke kampung halaman orang tuanya yang ada di Magelang dan Solo. Di tahun ini, ia menghabiskan waktu lebaran bersama dengan keluarga di Jakarta.

Tradisi Unik Lebaran ala Erika dan Farhan

Biasanya di malam sebelum Idul Fitri, orang tua Erika masak opor ayam bersama. Kalau Erika sih, tim nontonin aja xixi. Selayaknya cewek-cewek lain, Erika dan Mamanya juga sering galau pilih baju lebaran. Bahkan sampai rebutan baju dan hijab!

Pada Hari Idul Fitri 1444 H ini, Erika punya hadiah kecil untuk teMantappu nih. Ia membagikan aktivitas selama lebaran lewat kanal Youtube-nya, mulai dari bertemu dengan teman-temannya dari Sekolah RI Tokyo hingga mengirim pesan spesial lebaran kepada orang-orang. FYI, di Jepang sendiri nggak ada tradisi silaturahmi ke rumah-rumah tetangga kayak di Indonesia.

Selain bersilaturahmi dengan sepupu dan tetangga, tradisi lebaran ala Farhan adalah pergi ziarah ke makam setelah shalat ied. Menjelang Idul Fitri, Ibu Farhan selalu memasak berbagai makanan khas lebaran, mulai dari opor ayam, kerecek, semur tempe, bola-bola daging, hingga sayur labu siam. Jadi, udah pasti bakalan kenyang hepi banget selama lebaran!

Top 3 Hidangan Lebaran Favorit Erika dan Farhan

Erika mengaku bahwa pokoknya ia suka banget sama semua makanan khas Indonesia selama lebaran! Misalnya, ketupat dan opor ayam. Nah kalau hidangan lebaran favorit Farhan adalah sayur labu siam, semur, dan kerecek.

Apa nih, hidangan lebaran favoritnya teMantappu?

Top 5 Kue Lebaran Favorit Erika dan Farhan

Dari sekian banyaknya jenis kue yang sering ditemui saat lebaran, kira-kira apa nih yang jadi favoritnya Erika dan Farhan?

Berhubung di Jepang jarang ada kue lebaran, jadi Erika nggak begitu familiar dengan jenis-jenis kue lebaran. So far, yang jadi favoritnya Erika adalah kue nastar dan putri salju.

Farhan yang bukan penggemar hidangan manis, mengaku bahwa kastengel yang memiliki bahan dasar keju dan memiliki cita rasa gurih adalah kue lebaran favoritnya.

Outfit Lebaran ala Erika dan Farhan

Gambar Outfit Lebaran Erika Ebisawa (Sumber: Instagram @erika_ebisawa)
Outfit Lebaran Erika Ebisawa (Sumber: Instagram @erika_ebisawa)

Outfit serba putih memang nggak pernah salah untuk dipakai saat lebaran! Erika memadukannya dengan hijab bermotif dengan nuansa serupa. Kawaii!

Gambar Outfit Lebaran Farhan Firmansyah (Sumber: Instagram @farhanfirms)
Outfit Lebaran Farhan Firmansyah (Sumber: Instagram @farhanfirms)

Menurut Farhan, pakaian yang dikenakan saat lebaran itu nggak perlu matching dengan sekeluarga kok! Seperti halnya outfit lebaran tahun ini yang dipilih oleh Farhan adalah kemeja lengan pendek berwarna cokelat dengan bahan yang licin dan adem, dipadukan dengan celana bahan. Simpel, kan?

Hal yang Paling Dikangenin saat Lebaran

Untuk Erika yang sedang menetap di Jepang, wajar banget ia kangen kumpul bersama keluarga besar Kuswan yang ada di Bekasi. Sementara itu, yang paling dikangenin saat lebaran ala Farhan adalah jalan, makan, dan kumpul bareng para sepupu di kampung halaman.

Harapan setelah Melewati Bulan Suci Ramadhan

“Syawal adalah bulan kembalinya umat muslim kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah menyelesaikan ibadah Ramadhan selama sebulan penuh.”

Apa sih hal yang ingin Erika dan Farhan improve dari diri mereka setelah melewati bulan Ramadhan dan memasuki bulan Syawal ini? Erika ingin bisa lebih menerapkan mindset untuk lebih positive thinking dan optimis dalam segala hal, sekaligus bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Sementara Farhan berharap agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, serta selalu refleksi diri terhadap seluruh pengalaman yang telah terjadi.

Oh iya, Farhan ada pesan nih untuk teMantappu! Semoga kita semua senantiasa diberikan kemudahan hidup sehingga dapat memberikan manfaat dalam kebaikan, aamiin.

Referensi

Dok. Mantappu Corp.
Instagram @erika_ebisawa
Instagram @farhanfirms
Youtube Erikacang

Artikel tentang Erika Ebisawa

Erika Ebisawa – Rasanya Sahur dan Buka Puasa di Jepang?
Erika Ebisawa di Australia – Sydney Harbour Bridge hingga Makan Daging Kanguru
Erika Ebisawa, ex Member JKT48 yang Jadi Content Creator

Artikel tentang Farhan Firmansyah

3 Fakta Farhan Firmansyah – Sarjana Kedokteran, K-Popers, Talent Mantappu
Read more: Suasana Lebaran ala Erika Ebisawa dan Farhan Firmansyah

Recent Posts

Jerompiade

Jerompiade: University War Versi Indonesia?

Melalui YouTube Nihongo Mantappu, Jerome Polin merilis segmen baru bernama Jerompiade. Dalam konten ini, Jerome mengumpulkan 109 anak SMA kelas 11 untuk unjuk diri dalam duel pengetahuan umum, mulai dari Matematika, Sejarah, hingga Biologi, dengan tujuan merebut gelar pemenang dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar lima juta rupiah. Kira-kira, siapa pemenangnya?

Ekida Rehan saat co-ass

Hujan dan Flu: Apa Hubungannya? Ini Penjelasan Ekida Rehan

Kamu pernah mendengar istilah penyakit pancaroba, TeMantappu? Fenomena ini sering kali terjadi ketika ada perubahan pola hujan, terutama yang terjadi pada sore hingga menjelang malam hari. Tak jarang, kita menjadi lebih rentan terkena flu atau penyakit lainnya dalam kondisi begini. Mengapa hal ini bisa terjadi, ya? Temukan penjelasannya di artikel ini!