Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Perdana Naik Susi Air, Maskapai Impian Leonardo Edwin

March 13, 2023

by Nadya Christie

Pengalaman perdana Leonardo Edwin naik maskapai impiannya, Susi Air, bisa selengkapnya disimak di artikel ini!

Susi Air adalah salah satu maskapai penerbangan yang udah lama pengin Leonardo Edwin sebagai seorang AvGeek (Aviation Geek) alias pencinta hal-hal tentang penerbangan, coba untuk tumpangi!  Susi Air sendiri merupakan maskapai penerbangan asal Indonesia yang didirikan pada 2004 oleh Susi Pudjiastuti (Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI 2014-2019). Maskapai yang berada di bawah PT ASI Pudjiastuti Aviation ini berpusat di Pangandaran, Jawa Barat.

Gimana sih, pengalaman Leo naik pesawat Susi Air? Yuk, langsung cek artikel berikut ini!

Pengalaman Perdana Leonardo Edwin Naik Susi Air

Gambar Pengalaman Leo Naik Pesawat Susi Air (Sumber: Youtube Leonardo Edwin)
Pengalaman Leo Naik Pesawat Susi Air (Sumber: Youtube Leonardo Edwin)

Baru-baru ini, Leo baru aja nyobain naik pesawat Susi Air untuk perjalanannya dari Pangandaran-Jakarta (PP).  Sekilas info untuk teMantappu, satu kali perjalanan dari Jakarta-Pangandaran dibanderol dengan kisaran Rp900.000-1.300.000,- (belum temasuk pajak). Susi Air sendiri punya rute yang terbatas, dengan ukuran pesawat yang kecil dibandingkan dengan pesawat pada umumnya. Oleh karena itu, sebelum naik, pastikan barang bawaan kamu nggak lebih dari 10 kg, ya!

Gambar Pesawat Tipe Cessna C208B Grand Caravan milik Maskapai Susi Air (Sumber: Youtube Talent)
Pesawat Tipe Cessna C208B Grand Caravan milik Maskapai Susi Air (Sumber: Youtube Talent)

Pesawat tipe Cessna C208B Grand Caravan yang dinaiki oleh Leo sendiri bisa memuat hingga 12 orang penumpang dan 2 orang pilot. Untuk perjalanan bolak-baliknya ini, Leo menggunakan tipe pesawat yang sama, guys! Hal ini dikarenakan hanya ada satu perjalanan untuk rute Jakarta-Pangandaran.

Gimana kesan Leo setelah berhasil naik maskapai Susi Air? Senang banget, pastinya! It’s truly a dream come true for Leo. Karena pesawat yang ditumpanginya punya ukuran yang kecil, Leo bisa dengan mudah nikmatin pemandangan dari dalam pesawat.

Momen yang paling berkesan untuk Leo selama naik pesawat Susi Air mungkin adalah momen ketika lepas landas dan mendarat. Cara lepas landas yang dilakukan oleh pesawat yang ditumpanginya tersebut mirip dengan yang dilakukan oleh pesawat khusus skydiving. Jadi, ketika lepas landas, pesawat akan berputar sebanyak dua kali di udara, kemudian barulah bisa terbang di udara.

Gambar Momen ketika Pesawat Susi Air yang Ditumpangi Leo Melakukan Pendaratan (Sumber: Youtube Talent)
Momen ketika Pesawat Susi Air yang Ditumpangi Leo Melakukan Pendaratan (Sumber: Youtube Talent)

Sementara ketika pesawat yang ditumpanginya akan mendarat, Leo bisa melihat dengan jelas landasan landing-nya, serta tahapan-tahapan hingga pesawat tersebut mendarat.

Nah, ada fasilitas apa aja sih, yang bisa kamu temukan di dalam pesawat dan lounge Susi Air?

Fasilitas di Dalam Pesawat dan Lounge Susi Air

Selama perjalanan pulang-pergi Jakarta-Pangandaran, Leo berhasil dapat kursi tepat di belakang pilot, nih. Alhasil, memudahkan ia untuk bisa review fasilitas dan keadaan di dalam pesawat sepanjang perjalanan.

Di dalam pesawat Cessna C208B Grand Caravan yang dinaiki oleh Leo, kamu bisa menemukan beragam fasilitas yang biasa ditemukan di maskapai-maskapai lain pada umumnya. Ada sabuk pengaman dengan posisi menyilang untuk dipakai setiap penumpang, air conditioner, lampu baca, kait untuk gantungan baju, kartu keselamatan ketika ada keadaan mendesak, dan jaket keselamatan. Selain itu, karena ukuran pesawat yang kecil, kamu bisa merasakan atmosfir yang lebih intimate dengan para penumpang lain dan pilot selama perjalanan.

Meskipun pesawatnya kecil-kecil, tapi maskapai Susi Air punya lounge sendiri, lho! Ukuran lounge-nya terbilang cukup besar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Lumayan untuk dipakai nunggu sebelum boarding. Kamu bisa intip fasilitas-fasilitas yang ada di lounge maskapai Susi Air lewat gambar-gambar di atas! Yang unik, lounge maskapai Susi Air ini diisi oleh properti yang biasa kamu temukan di rumah-rumah zaman dahulu alias kental dengan kearifan lokal Indonesia.

***

Itu dia pengalaman perdana naik Susi Air, maskapai impian Leonardo Edwin! Leo merekomendasikan teMantappu untuk bisa sama-sama cobain pengalaman unik naik maskapai Susi Air, nih. Ditunggu review dari teMantappu dan review-review selanjutnya dari Leo, ya!

Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Referensi

Youtube Leonardo Edwin
Instagram @leo_edw

Artikel tentang Leonardo Edwin

Empat Pengalaman Horror yang Dialami Leonardo Edwin saat Hiking
Leo Jelajah Desa – Pengalaman Leonardo Edwin Tinggal di Desa Sindulang dan Tasikmalaya
Read more: Perdana Naik Susi Air, Maskapai Impian Leonardo Edwin

Recent Posts

Jang Hansol

Nggak Romantis Seperti Drakor, Jang Hansol Ungkap Kegelapan Wamil

Terkadang, kita sering mendengar wajib militer (wamil) menjadi semacam ketakutan bagi sebagian warga Korea. Bahkan, beberapa di antaranya sampai melarikan diri untuk menghindari wamil. Meskipun citra tentara seringkali dipromosikan sebagai sosok yang keren, gagah, dan berwibawa dalam berbagai media, tetapi bagaimana sebenarnya pelaksanaan wamil di Korea, ya? Yuk, kita simak penjelasan langsung dari Jang Hansol!

Waseda Boys di New York memakai batik

Waseda Boys Kunjungi Universitas Impian Jerome Polin?

USA menjadi destinasi akhir World Trip Waseda Boys. Kali ini, Jerome, Tomohiro, Otsuka, dan Yusuke menelusuri sejumlah tempat ikonik di Amerika Serikat, termasuk berkeliling ke Columbia University dan Cornell University, menjajal Mr. Beast Burger dan Halal Guys, menilik kehebatan Hollywood Studios di Disneyland, dan banyak lainnya. Yuk, kita ikuti keseruannya!

Owen di TPST Bantar Gebang

Mengulik Gunung Sampah Tertinggi di Indonesia Bareng Jerhemy Owen

Hari ini, tepat 23 April, adalah perayaan International Creator Day. TeaMantappu berkesempatan mewawancarai Jerhemy Owen, seorang kreator konten yang mengambil studi teknik lingkungan di Belanda dan aktif sebagai Decarbonization Journey Intern di WRI Indonesia. Cerita perjalanan Owen sebagai kreator konten tak lengkap kalau nggak membahas kunjungannya ke gunung sampah di TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Bantar Gebang. Yuk, kita telusuri pengalaman Owen mengunjungi gunung sampah terbesar di Indonesia ini!