Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Jelajah Edinburgh ‘Kota Kelahiran Harry Potter’ bareng Alexander Matthew

March 24, 2023

by Nadya Christie

Simak kegiatan Alexander Matthew menjelajahi Edinburgh, kota kelahiran serial Harry Potter, selengkapnya melalui artikel ini!

Gambar Kota Edinburgh di Skotlandia, UK (Sumber: Youtube Alexander Matthew)
Kota Edinburgh di Skotlandia, UK (Sumber: Youtube Alexander Matthew)

teMantappu tahu nggak, bahwa Edinburgh selaku ibukota Skotlandia, UK, merupakan tempat “kelahiran” bagi serial fantasi legendaris karya J.K. Rowling “Harry Potter”? Penasaran sama tempat-tempat mana aja yang wajib untuk dikunjungi ketika berkunjung ke kota tersebut? Simak rekomendasi dari Alexander Matthew di bawah ini, ya!

Wilayah Edinburgh sendiri terbagi menjadi dua, yakni Old Town Edinburgh dan New Town Edinburgh. Di wilayah Old Town Edinburgh, kamu bisa menemukan tempat-tempat yang masih kental akan unsur historis dari peradaban lama Eropa, baik dari segi arsitektur maupun suasananya. Sementara itu, kamu bisa menemukan pertokoan dan gedung-gedung yang lebih modern di wilayah New Town Edinburgh.

Calton Hill: Gabungan Wisata Historis ala Pantheon dan Alam

Gambar Monumen di Canton Hill yang Terinspirasi Oleh Pantheon (Sumber: Youtube Talent)
Gambar Monumen di Canton Hill yang Terinspirasi Oleh Pantheon (Sumber: Youtube Talent)

Buat kamu yang suka jalan-jalan dengan pemandangan alam yang bikin mata segar, Canton Hill bisa jadi salah satu opsi. Selain itu, banyak monumen historis yang bisa kamu lihat di puncak bukit ini, salah satunya adalah monumen yang terinspirasi oleh Pantheon dari Yunani.

Edinburgh Castle: Tempat Wisata ke-2 yang Paling Banyak Dikunjungi di UK

Gambar Edinburgh Castle di Skotlandia, UK (Sumber: Youtube Talent)
Edinburgh Castle di Skotlandia, UK (Sumber: Youtube Talent)

Istana yang menempati posisi ke-2 untuk kategori tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turis-turis di UK ini sudah berdiri sejak abad ke-12. Kamu bisa menemukan banyak spot unik untuk foto-foto di bagian luar dari Edinburgh Castle, seperti yang dilakukan oleh Matthew pada gambar di atas!

National Museum of Scotland: Eksplorasi Sains dan Teknologi yang Nggak Bikin Bosen

Ketika mengunjungi National Museum of Scotland, kamu dijamin gak bakal bosen, deh! Selain dapat melihat beragam barang pajangan yang unik seperti yang biasa ditemukan di museum pada umumnya, museum ini punya bagian Science and Technology. Bagi teMantappu yang senang eksplorasi tentang hal-hal berbau sains dan teknologi, kamu bisa nyobain berbagai permainan interaktif yang ada di area ini. Oh iya, tiket masuk ke museum ini juga gratis!

Diagon Alley dan The Elephant House: Saksi Kelahiran Harry Potter

Buat kamu yang ngaku dirinya adalah seorang Potterhead, maka belum afdol kalau belum mengunjungi tempat yang satu ini! Yap, Edinburgh memang banyak menjadi inspirasi bagi penulisan serial Harry Potter. Di wilayah Diagon Alley sendiri, kamu bisa menemukan banyak toko yang menjual merchandise Harry Potter.

Gambar Kafe The Elephant House di Edinburgh, Skotlandia, UK (Sumber: Youtube Talent)
Kafe The Elephant House di Edinburgh, Skotlandia, UK (Sumber: Youtube Talent)

Jangan lupakan juga kafe bernama The Elephant House! Tempat ini menjadi salah satu tempat yang menjadi inspirasi bagi J.K. Rowling saat sedang menulis manuskrip Harry Potter. Sayangnya, sejak Agustus 2022, tempat ini mengalami kebakaran dan belum dibuka lagi hingga video Matthew tersebut tayang.

Christmas Market: Eksplor Jajanan khas Skotlandia

Berhubung ketika Matthew berkunjung itu masih kisaran perayaan Hari Raya Natal, jadi ia berkesempatan buat datang ke sini. Di tempat ini, kamu bisa mencoba beragam makanan khas Skotlandia sekaligus eksplor pasar yang dipenuhi oleh dekorasi dan nuansa khas Natal.

Rekomendasi Hidangan yang Wajib Dicoba selama di Edinburgh

Omong-omong soal makanan nih, Matthew dan Gwen ngasih kamu beberapa rekomendasi makanan yang boleh dicoba selama kunjungan ke Edinburgh. Ada apa aja?

KFC dan McDonalds: Pilihan Teraman untuk Para Pendatang

Gambar Matthew dan Gwen Membeli Makanan dari KFC di Edinburgh (Sumber: Youtube Talent)
Matthew dan Gwen Membeli Makanan dari KFC di Edinburgh (Sumber: Youtube Talent)

Buat kamu yang lagi on budget-trip, KFC dan McDonalds memang gak pernah salah untuk dijadiin pilihan! Selain gerainya yang cenderung mudah untuk ditemukan, harga makanannya pun aman di kantong.


Nando’s: Pilihan Wajib untuk Dicoba bagi Para Pendatang

Menu yang ditawarkan di gerai makanan khas Skotlandia ini cukup beragam, mulai dari ayam, burger, wrap, dsb. Yang ikonik dari Nando’s adalah pilihan sausnya yang beragam dan punya cita rasa yang khas.

***

Itu dia jelajah Edinburgh ‘Kota Kelahiran Harry Potter’ bareng Alexander Matthew! Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang lagi nyari rekomendasi tempat-tempat untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Edinburgh! Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti keseruan Matthew selama menempuh studi di Jerman yang ia bagikan di berbagai media sosial miliknya, ya!

Referensi

Instagram @alexandrmatthew
Youtube Alexander Matthew

Artikel tentang Alexander Matthew

Matthew, Mahasiswa Indo yang Bawa Rice Cooker ke Jerman
Read more: Jelajah Edinburgh ‘Kota Kelahiran Harry Potter’ bareng Alexander Matthew

Recent Posts

Detektif Reomit menjelaskan kasus kriminalitas di Korea

Rekomendasi “Detektif Reomit” yang Bahas Kriminalitas Remaja di Korea

Salah satu segmen yang dinanti Bolo-Bolo alias penonton Korea Reomit di tiap minggunya adalah “Detektif Reomit”. Di segmen ini, Hansol menceritakan berbagai kasus kriminal menarik yang terjadi di Korea. Kali ini, TeaMantappu telah merangkum beberapa video konten “Detektif Reomit” yang wajib banget kamu tonton, khususnya yang membahas tentang kriminalitas yang melibatkan anak di bawah umur di Korea. Yuk, kita simak!

Halal Tour Tomo di Jepang

Menyusuri Keindahan Jepang Lewat Halal Tour Tomo

Kali ini, kita bakal seru-seruan bareng Tomohiro di Halal Private Tour. Perjalanan dimulai dari Tokyo Station yang ikonik, dilanjutkan ke Shibuya Crossing untuk mencicipi wagyu A5 yang lezat di Gyumon Halal Sukiyaki, sampai menikmati keindahan sakura di Oishi Park dengan latar belakang Gunung Fuji yang megah. Pokoknya, pengalaman menyusuri Jepang yang autentik, deh. Yuk, simak perjalanannya!

Pengalaman wawancara kerja di Jepang versi Yusuke

Pengalaman Yusuke Mengikuti Wawancara Kerja di Jepang

Kali ini, yuk kita simak perjalanan Yusuke menjalani serangkaian wawancara kerja, baik secara online maupun offline di Jepang. Yusuke cerita gimana ia mempersiapkan diri dari pemilihan baju hingga menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari interviewer. Selain itu, ia juga membagikan insight tentang alur rekrutmen kerja di Jepang, lho—proses yang terkadang mirip, tapi juga punya nuansa dan tuntutan tersendiri jika dibandingkan dengan Indonesia. Yuk, kita telusuri cerita lengkapnya!