Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Turah Parthayana Ajak Bule Rusia Menari dan Coba Hidangan Khas Bali

March 8, 2023

by Nadya Christie

Gimana reaksi bule Rusia ketika diajak Turah Parthayana menari dan mencoba hidangan khas Bali? Simak selengkapnya di artikel ini!

Pada artikel kali ini, TeaMantappu bakalan ngajak kamu untuk lihat gimana sih reaksi para bule Rusia ketika pertama kali diajak untuk mencoba tarian tradisional dan hidangan khas Bali oleh Turah Parthayana. Penasaran? Langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Serunya Turah Parthayana dan Bule Rusia Belajar Tari Tradisional Bali

Posisi Tubuh dan Gerakan Kaki versi Tari Putri dalam Tari Condong

Gambar Turah, Marsha, dan Tivally Belajar Tari Tradisional Bali (Sumber: Youtube Turah Parthayana)
Turah, Marsha, dan Tivally Belajar Tari Tradisional Bali (Sumber: Youtube Turah Parthayana)

Belum lama ini, Turah Parthayana mengajak kedua orang kenalannya yang merupakan Tiktokers asal Rusia, yaitu Marsha dan Vitally, untuk mencoba tari tradisional Bali dengan bantuan seorang penari Bali bernama Echa. Berdasarkan informasi dari Echa, selain sebagai bagian dari upaya melestarikan tradisi dan budaya lokal, tari tradisional Bali ini umumnya ditampilkan untuk kebutuhan upacara adat dan kompetisi.

Gambar Pemakaian Kamen sebelum Memulai Tari Tradisional Bali (Sumber: Youtube Talent)
Pemakaian Kamen sebelum Memulai Tari Tradisional Bali (Sumber: Youtube Talent)

Nah, sebelum dimulai, Turah dkk harus terlebih dulu mengenakan “kamen” atau kain tradisional Bali yang dililitkan ke bagian bawah tubuh. Lalu, pelajaran tari mereka dimulai, deh!

Echa mengajarkan gerakan dasar tari putri dalam tari tradisional Condong, yang dimulai dengan posisi kaki tapak sirah padeh atau kedua telapak kaki dirapatkan sehingga membentuk huruf “V”, posisi kedua tangan di pinggang, bahu ditarik ke belakang, dan bokong yang diangkat. Setelah itu, bawa tubuh kita untuk turun dengan kedua lutut yang ditekuk. Nah, ketika udah ada di posisi seperti ini, tahap selanjutnya adalah gerakan ngegol, yakni menggerakkan kaki dan kepala ke kanan dan kiri secara simetris. Selanjutnya, Echa mengajarkan gerakan mata yang melirik tajam bergantian ke sisi dan tengah. Untuk step by step-nya, bisa dilihat dari gambar-gambar di atas!

Ragam Gerakan Tangan versi Tari Putri dalam Tari Condong

Kemudian, lanjut ke bagian gerakan dengan variasi tangan, yaitu satu tangan menekuk sejajar mata dan satu lagi menekuk sejajar dada, dengan siku yang tegak dan terbuka ke samping. Sementara itu, jemari tangan ada di posisi berdiri tegak dan membuat gerakan ombak kecil.

Gambar Salah Satu Gerakan Tari Putri dalam Tari Condong (Sumber: Youtube Talent)
Salah Satu Gerakan Tari Putri dalam Tari Condong (Sumber: Youtube Talent)

Nah, baru deh, kita masuk ke gerakan tari putri pada tari Condong! Kamu tinggal mengikuti instruksi gerakan-gerakan sebelumnya, kecuali untuk bagian tangan yang agak berbeda. Kali ini, ulurkan kedua tangan di depan dada dengan posisi jemari yang berdiri tegak dan membuat gerakan ombak kecil, lalu gerakkan tubuh kamu ke kedua sisi tubuh secara bergantian.

Kamu bisa ngikutin setiap gerakannya, nggak nih? Baik Marsha, Tivally, maupun Turah sendiri kelihatan agak kaku ketika latihan xixi. Oh iya, tadi itu baru bagian gerak tari putri. Buat bagian gerak tari putra atau kamu yang pengin belajar keseluruhan tariannya dengan lebih jelas, bisa cek videonya di sini!

Reaksi Bule Rusia Mencicipi Hidangan Khas Bali

Hidangan Utama khas Bali

Habis capek belajar nari, Turah kemudian mengajak Marsha dan Tivally untuk nyicipin beberapa hidangan khas Bali!

Gambar Turah, Marsha, dan Tivally Mencoba Hidangan Khas Bali (Sumber: Youtube Turah Parthayana)
Turah, Marsha, dan Tivally Mencoba Hidangan Khas Bali (Sumber: Youtube Turah Parthayana)

Icip-icip kali ini dibuka dengan hidangan babi guling dan sate. Dari 1-10, Marsha ngasih rating 9, sementara Tivally ngasih rating 7. Menurut mereka, hidangan babi guling dan sate yang mereka makan tadi itu punya cita rasa yang enak dan berbeda dari hidangan serupa yang ada di Rusia. Sayangnya, mereka agak kepedesan ketika makan. Oh iya, ini juga kali pertama Marsha dan Tivally nyobain makan pake tangan, lho!

Gambar Hidangan Babi Guling dan Sate khas Bali (Sumber: Youtube Talent)
Hidangan Babi Guling dan Sate khas Bali (Sumber: Youtube Talent)
Gambar Turah,, Marsha, dan Tivally saat Mencicipi Hidangan Babi Guling dan Sate (Sumber: Youtube Talent)
Turah, Marsha, dan Tivally Mencicipi Hidangan Babi Guling dan Sate (Sumber: Youtube Talent)

Hidangan Penutup khas Bali

Untuk hidangan penutup sendiri, Turah ngajak Marsha dan Tivally untuk nyobain hidangan beras ketan dan bubur sumsum yang dilengkapi oleh saus yang terbuat dari gula Bali dan parutan kelapa di atasnya. Ketika Marsha nampak menikmati hidangan beras ketan, di sisi lain ternyata Tivally nggak begitu suka. Sementara ketika mencicipi bubur sumsum, Marsha dan Tivally kompak merasa bahwa hidangan tersebut nggak begitu cocok sama indera perasa mereka.

Kalau teMantappu sendiri termasuk tim #SukaBuburSumsum atau #NggakSukaBuburSumsum, nih?

Berikutnya adalah hidangan Kue Laklak yang mirip dengan serabi versi lebih kecil, dilanjut dengan kue klepon dan minuman Teh Sisri yang dihidangkan dalam plastik kemasan kayak yang sering ditemuin sewaktu SD!

Gambar Kue Tradisional Klepon yang Dicicipi oleh Turah, Marsha, dan Tivally (Sumber: Youtube Talent)
Kue Tradisional Klepon yang Dicicipi oleh Turah, Marsha, dan Tivally (Sumber: Youtube Talent)
Minuman Teh Sisri yang Dicicipi oleh Turah, Marsha, dan Tivally (Sumber: Youtube Talent)
Minuman Teh Sisri yang Dicicipi oleh Turah, Marsha, dan Tivally (Sumber: Youtube Talent)

Selain dari hidangan-hidangan yang udah disebutkan di atas, masih ada beberapa hidangan lain yang Turah ajak Marsha dan Tivally buat cobain, lho! Bagi kamu yang kepingin lihat video lengkapnya, bisa banget nonton di sini, ya!

***

Sekian artikel kali ini tentang reaksi para Tiktokers asal Rusia ketika diajak oleh Turah untuk belajar tarian dan hidangan khas Bali. Jangan sampai teMantappu ketinggalan untuk nonton konten-konten Turah Parthayana yang lain, ya! See you!

Referensi

Youtube Turah Parthayana

Artikel tentang Turah Parthayana

Turah Parthayana, Content Creator dan Direktur Belinsky Studio
Read more: Turah Parthayana Ajak Bule Rusia Menari dan Coba Hidangan Khas Bali

Recent Posts

Melly Krista dan hat hairtyle gaya rambut saat memakai topi

Inspirasi Gaya Rambut Pakai Topi, Tetap Stylish dan Cantik!

Ini dia gaya rambut saat memakai topi! Kamu sering bingung dan pusing nggak, sih, saat menentukan styling rambut yang cocok saat pakai topi? Belum lagi, kalau rambut jadi berantakan dan bikin nggak nyaman. Udah, deh, jadi badmood. Nah, kali ini Melly Krista memberikan inspirasi hat hairstyling yang bisa kamu coba. Yuk, kita simak!

Detektif Reomit menjelaskan kasus kriminalitas di Korea

Rekomendasi “Detektif Reomit” yang Bahas Kriminalitas Remaja di Korea

Salah satu segmen yang dinanti Bolo-Bolo alias penonton Korea Reomit di tiap minggunya adalah “Detektif Reomit”. Di segmen ini, Hansol menceritakan berbagai kasus kriminal menarik yang terjadi di Korea. Kali ini, TeaMantappu telah merangkum beberapa video konten “Detektif Reomit” yang wajib banget kamu tonton, khususnya yang membahas tentang kriminalitas yang melibatkan anak di bawah umur di Korea. Yuk, kita simak!

Halal Tour Tomo di Jepang

Menyusuri Keindahan Jepang Lewat Halal Tour Tomo

Kali ini, kita bakal seru-seruan bareng Tomohiro di Halal Private Tour. Perjalanan dimulai dari Tokyo Station yang ikonik, dilanjutkan ke Shibuya Crossing untuk mencicipi wagyu A5 yang lezat di Gyumon Halal Sukiyaki, sampai menikmati keindahan sakura di Oishi Park dengan latar belakang Gunung Fuji yang megah. Pokoknya, pengalaman menyusuri Jepang yang autentik, deh. Yuk, simak perjalanannya!