Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

DIY Ribbon Hair Clip Tutorial dari Melly Krista

June 17, 2024

by Fahma Ainurrizka

Belakangan ini, semakin banyak gaya rambut yang menggunakan ribbon atau pita rambut sebagai aksesorisnya. Ternyata, kamu juga bisa membuat sendiri, lho! Melly Krista, seorang beauty enthusiast yang selalu berbagi tips kecantikan dan fashion, kali ini akan memberikan tutorial DIY ribbon alias cara membuat aksesoris pita untuk rambut. Yuk, kita simak langkah-langkahnya!

Melly Krista, talent Mantappu Corp. | Sumber: Instagram/kkrriiista

Halo, TeaMantappu!

Siapa, nih, yang udah coba praktekin cara bikin coquette hairstyle dari artikel “Inspirasi Coquette Aesthetic Hairstyle ala Melly Krista”? Kalau kamu belum sempat coba, pastikan buat baca artikelnya dulu, ya! Nah, kali ini kita bakal melangkah lebih jauh dengan menambahkan hiasan aksesori ribbon yang cantik dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Aksesori ini bakal bikin gaya rambut kamu makin keren dan eye-catching.

Melly Krista, beauty enthusiast favorit kita, udah siap berbagi tutorial DIY cara bikin ribbon clip yang simple dan mudah diikuti, nih. Tutorial ini cocok banget buat kamu yang suka tampil beda dan pengen punya aksesori unik hasil kreasi sendiri. Yuk, kita simak langkah-langkahnya!

DIY Ribbon Claw Clip

Melly Krista dan tutorial DIY ribbon | Sumber: TikTok/kkkrrriista

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  1. Pita Organza: Pilih warna yang kamu suka. Pita transparan lebih terlihat elegan.
  2. Gunting Kain: Untuk memotong pita dengan rapi.
  3. Penjepit Rambut/Jedai (Claw Clip): Sebagai media untuk menempelkan pita.

Langkah-Langkah Membuat Aksesori Ribbon:

  1. Potong Pita. Pertama, potong pita organza sesuai panjang yang kamu inginkan. Biasanya, panjang sekitar 30-40 cm cocok untuk membuat pita yang besar dan cantik. Kamu bisa sesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan gaya rambutmu, ya!
  2. Masukkan Pita ke Penjepit Rambut. Masukkan pita ke penjepit rambut, pastikan posisinya pas di tengah biar hasilnya simetris dan rapi.
  3. Buat Tali Pita. Pertemukan kedua ujung pita di tengah sehingga membentuk dua lingkaran dan dua ekor pita. Lipat lingkaran kiri melewati lingkaran kanan, lingkarkan ke belakang, lalu masukkan melalui lubang tengah. Tarik bagian tengahnya kuat-kuat agar pita terbentuk dengan kokoh. Pastikan kedua lingkaran dan ekor pita simetris. Jika perlu, sesuaikan panjangnya.
  4. Rapi dan Sempurnakan. Kalau ada bagian pita yang nggak rapi atau terlalu panjang, potong sesuai keinginan kamu. Bakar sedikit ujung pita dengan lilin biar nggak berjumbai dan pita terlihat lebih rapi.
  5. Gaya Rambut dengan Ribbon. Kamu bisa pasang pita ini pada berbagai gaya rambut seperti half updo, ponytail, atau sekedar sebagai aksen manis di rambut yang digerai. Lihat gambar kedua sebagai referensi cara penggunaannya, ya.

Eits, kamu juga bisa mencoba berbagai warna dan pola pita buat menciptakan tampilan yang unik dan sesuai dengan gaya pribadimu. Manik-manik, kancing, atau hiasan kecil lainnya bisa ditambahkan di tengah pita untuk memberikan aksen yang lebih menarik.

DIY Ribbon Baby Pins

Melly Krista dan tutorial DIY ribbon | Sumber: TikTok/kkkrrriista

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  1. Pita: Kamu bisa pilih warna dan jenis pita sesuai selera.
  2. Gunting Kain: Untuk memotong pita dengan rapi.
  3. Penjepit Rambut atau Bobby Pins: Agar pita bisa dipasang di rambut.

Langkah-Langkah Membuat Aksesori Ribbon:

  1. Potong Pita. Pertama, potong pita sesuai keinginan kamu, ya. Kali ini Krista mencoba variasi cukup panjang sekitar 35 cm. Kamu bisa menyesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan gaya rambutmu.
  2. Buat Tali Pita. Pertemukan kedua ujung pita di tengah hingga membentuk dua lingkaran dan dua ekor pita. Silangkan lingkaran kiri ke atas lingkaran kanan, bawa ke belakang, dan masukkan ke dalam lubang yang terbentuk. Tarik ujung-ujung pita dengan kuat hingga terbentuk simpul pita yang rapi. Sesuaikan dan rapikan bentuk pita, pastikan kedua lingkaran dan ekor pita simetris.
  3. Pasang Penjepit Rambut. Tautkan penjepit rambut atau bobby pins di bagian belakang pita. Kamu juga boleh menggunakan lem tembak kalau kamu ingin menempelkannya. Biarkan lem kering agar penjepit menempel kuat.
  4. Rapi dan Sempurnakan. Jika ada bagian pita yang tidak rapi atau terlalu panjang, potong sesuai keinginan. Bakar sedikit ujung pita dengan lilin agar tidak berjumbai.
  5. Gaya Rambut dengan Ribbon. Kamu bisa memasang pita ini pada berbagai gaya rambut seperti kepang, ponytail, atau sekedar sebagai aksen manis di rambut yang digerai.

Lihat gambar di atas sebagai referensi untuk langkah-langkahnya. Di gambar pertama, kamu bisa melihat bentuk pita yang sudah jadi, dan di gambar kedua, kamu bisa lihat cara penggunaannya pada rambut. Super cute, kan?


Sekarang, kamu sudah tahu cara membuat aksesori ribbon untuk rambut sendiri. Selamat mencoba, TeMantappu! Jangan lupa untuk membagikan hasil kreasi kamu di media sosial dan tag Melly Krista untuk mendapatkan tips dan feedback langsung darinya. Gaya rambutmu pasti akan semakin cantik dan menarik dengan tambahan aksesori ribbon buatan sendiri. Yuk, terus ikuti tutorial kecantikan dari Melly Krista!

Media Sosial Melly Krista

Ikuti media sosial Krista di bawah ini biar nggak ketinggalan konten terbaru dari Krista:

Recent Posts

Pengalaman wawancara kerja di Jepang versi Yusuke

Pengalaman Yusuke Mengikuti Wawancara Kerja di Jepang

Kali ini, yuk kita simak perjalanan Yusuke menjalani serangkaian wawancara kerja, baik secara online maupun offline di Jepang. Yusuke cerita gimana ia mempersiapkan diri dari pemilihan baju hingga menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari interviewer. Selain itu, ia juga membagikan insight tentang alur rekrutmen kerja di Jepang, lho—proses yang terkadang mirip, tapi juga punya nuansa dan tuntutan tersendiri jika dibandingkan dengan Indonesia. Yuk, kita telusuri cerita lengkapnya!

Rekomendasi top 5 drama Korea tahun ini versi Alex Simanjuntak

5 K-drama Terbaik Tahun Ini versi Alex Simanjuntak

Pengin tahu nggak drama Korea apa aja yang jadi favorit Alex Simanjuntak alias Boboholokal tahun ini? Mulai yang baru rilis sampai yang jadi timeless classics. Lengkap dari genre misteri, thriller, sampai slice of life yang seru banget, setiap drama ini punya cerita unik dan karakter-karakter yang bikin penasaran. Yuk, kita simak pilihan-pilihan drama Korea dari Alex!