Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Jang Hansol Menjajal Rawon: Nostalgia Kuliner di Surabaya

June 4, 2024

by Fahma Ainurrizka

Jang Hansol, lewat kanal YouTube populer Korea Reomit, beberapa bulan lalu sempat mengunjungi Surabaya. Hansol, yang menghabiskan masa kecilnya di Malang, Jawa Timur selama 16 tahun, bernostalgia dengan menikmati rawon. Yuk, kita simak keseruan Hansol menjajal rawon!

Jang Hansol menyantap rawon, makanan khas Jawa Timur | Sumber: YouTube/Korea Reomit

Halo, TeMantappu!

Jang Hansol, lewat kanal YouTube populer Korea Reomit, beberapa bulan lalu sempat mengunjungi Surabaya. Hansol, yang dikenal karena konten-konten menariknya tentang budaya Korea dan Indonesia, punya hubungan khusus dengan Indonesia. Soalnya, Hansol sudah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia selama 16 tahun, tepatnya di Malang, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya kali ini, Hansol nggak cuma bernostalgia dengan tempat-tempat yang pernah didatangi waktu kecil, tapi juga menjajal berbagai kuliner khas Indonesia. Salah satu makanan yang membawa kenangan khusus buat Hansol adalah rawon, makanan tradisional Jawa Timur yang terkenal dengan kuah hitam pekat dan kaya rempah.

Hansol mengaku saat tiba di Surabaya, rawon menjadi makan siang pertamanya di kota ini. Meskipun pagi harinya ia sudah sarapan rawon di hotel, “Tapi mumpung di Surabaya, aku sore hari lagi-lagi pengin makan rawon,” ungkapannya. Yuk, kita simak seberapa cinta Jang Hansol dengan makanan khas Jawa Timur satu ini!

Hansol Mencoba Ote-ote

Jang Hansol menjajal ote-ote | Sumber: YouTube/Korea Reomit

Sebelum menyantap hidangan utamanya, Hansol mencoba salah satu makanan khas yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, yaitu ote-ote. Mungkin ada yang belum tahu, ote-ote ini punya banyak nama berbeda di setiap daerah. Ada yang menyebutnya bakwan, dan “Kalau di Malang itu nyebutnya heci,” kata Hansol, mengingat masa kecilnya di Malang, Jawa Timur. Kalau kamu menyebutnya apa, nih, TeMantappu?

Hansol mencicipi dua jenis ote-ote: ote-ote vegan yang berisi jamur, sayur, dan rumput laut, serta ote-ote berisi ayam. Hansol menggambarkan rasa dari setiap varian ote-ote yang dia coba. “Wah, lebih enak yang vegan. Ada tekstur yang beda. Rumput lautnya bikin rasanya beda,” jelas Hansol.

Selain mencicipi ote-ote, Hansol juga berbicara tentang pentingnya mencoba makanan lokal saat berkunjung ke suatu tempat. “Makanan adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan budaya suatu tempat,” katanya. Hansol juga memberikan tips kepada Bolo-bolo (sebutan untuk penonton Korea Reomit) untuk nggak ragu mencoba makanan yang mungkin belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

“Kalau kalian belum pernah coba, wajib banget deh cobain. Pasti nggak nyesel!” kata Hansol dengan senyum lebar.

Hansol Mencoba Nasi Empal

Jang Hansol mencoba nasi empal | Sumber: YouTube/Korea Reomit

Nggak berhenti di situ saja, Hansol juga mencicipi nasi empal!

Dengan jujur ia mengungkapkan, “Enak tapi lumayan pedes,” sambil terengah-engah. Bagi mereka yang nggak begitu menyukai rasa pedas, Hansol memberikan peringatan untuk berhati-hati saat mencoba sambal yang biasanya disajikan sebagai pelengkap.

Namun, di balik kepedasannya, Hansol juga menyoroti rasa unik dari hidangan ini. Ia memuji empalnya nggak terlalu asin seperti yang biasa dijumpai di beberapa tempat. “Soalnya ada beberapa tempat yang empal sama nasinya harus banyak soalnya agak asin untuk mengimbanginya. Bahkan aku pakai sambel pun tadi nggak asin,” terang Hansol.

Hansol Mencoba Hidangan Utama, Rawon!

Jang Hansol menjajal rawon | Sumber: YouTube/Korea Reomit

Hidangan rawon yang ia santap kali ini adalah salah satu warung milik penggemarnya, Bolo-bolo. Ternyata, rawon di tempat ini punya keunikan tersendiri, yakni rendah kolesterol sehingga cocok dikonsumsi oleh siapa pun tanpa perlu khawatir dengan penambahan berat badan. Wah, menarik, ya!

Ketika menikmati hidangan rawon, Hansol bilang kalau daging sapinya punya tekstur kenyal, seperti direndam dalam bumbu yang kaya rasa. Padahal, dagingnya pun juga bersih dari lemak. “Ini kedua kalinya aku mampir ke sini, dan selalu terkesan. Rasanya bener-bener mantap!” tuturnya dengan antusias.

Hansol juga menyebutkan kalau hidangan rawon di warung ini dilengkapi dengan telur asin, kecambah, dan daun bawang sebagai kondimen. “Rawon-nya nggak cuma enak dagingnya, tapi pelengkapnya juga bikin nagih, deh!” ujarnya sambil melahap sepotong daging.

Tak lupa, Hansol juga membagikan pengalamannya beberapa kali mencicipi daging rawon, tetapi seringkali ia menemui daging yang kering dan alot dikunyah. Namun, menurutnya, daging rawon di warung milik Bolo-bolo ini jauh dari kata kering. “Biasanya daging rawon kan suka nyangkut di gigi, tapi yang ini gak sama sekali, deh. Enak banget, pokoknya!” ungkapnya.


Nggak bisa dipungkiri, melihat Hansol menikmati rawon bikin ngiler! Rasanya jadi pengen nyicipin rawon juga, deh. Kalau makanan Indonesia favorit kamu apa, nih, TeMantappu?

Media Sosial Jang Hansol

Nantikan konten terbaru dari Korea Reomit dengan mengikuti media sosial Hansol di bawah ini:

Tonton konten mukbang Hansol di sini!

Recent Posts

Melly Krista dan hat hairtyle gaya rambut saat memakai topi

Inspirasi Gaya Rambut Pakai Topi, Tetap Stylish dan Cantik!

Ini dia gaya rambut saat memakai topi! Kamu sering bingung dan pusing nggak, sih, saat menentukan styling rambut yang cocok saat pakai topi? Belum lagi, kalau rambut jadi berantakan dan bikin nggak nyaman. Udah, deh, jadi badmood. Nah, kali ini Melly Krista memberikan inspirasi hat hairstyling yang bisa kamu coba. Yuk, kita simak!

Detektif Reomit menjelaskan kasus kriminalitas di Korea

Rekomendasi “Detektif Reomit” yang Bahas Kriminalitas Remaja di Korea

Salah satu segmen yang dinanti Bolo-Bolo alias penonton Korea Reomit di tiap minggunya adalah “Detektif Reomit”. Di segmen ini, Hansol menceritakan berbagai kasus kriminal menarik yang terjadi di Korea. Kali ini, TeaMantappu telah merangkum beberapa video konten “Detektif Reomit” yang wajib banget kamu tonton, khususnya yang membahas tentang kriminalitas yang melibatkan anak di bawah umur di Korea. Yuk, kita simak!

Halal Tour Tomo di Jepang

Menyusuri Keindahan Jepang Lewat Halal Tour Tomo

Kali ini, kita bakal seru-seruan bareng Tomohiro di Halal Private Tour. Perjalanan dimulai dari Tokyo Station yang ikonik, dilanjutkan ke Shibuya Crossing untuk mencicipi wagyu A5 yang lezat di Gyumon Halal Sukiyaki, sampai menikmati keindahan sakura di Oishi Park dengan latar belakang Gunung Fuji yang megah. Pokoknya, pengalaman menyusuri Jepang yang autentik, deh. Yuk, simak perjalanannya!