Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Poni Gampang Lepek? Coba Tutorial Japanese Bangs Ala Cecilia Amalo

April 17, 2024

by Fahma Ainurrizka

Cecilia Amalo seringkali membagikan kisah seru kehidupan di Jepang sebagai pelajar perantau melalui akun TikTok @sweetcecil_. Kali ini, ia membagikan tips tentang penampilan rambut ala Jepang. Penasaran seperti apa? Yuk, kita simak!

Cecilia Amalo memperlihatkan tutorial Japanese bangs | Sumber: TikTok @sweetsesil_

Konnichiwa, Mina-san!

Akhir-akhir ini, Cecil mencoba mengeksplorasi konten miliknya. Nggak hanya berbagi pengalaman sebagai pelajar di negeri Sakura aja, perempuan yang baru saja diterima di Osaka Shoin Women’s University ini juga berbagi tips seputar gaya rambut ala Jepang, loh. Wah, kayak apa, tuh?

Seperti yang sering terlihat dalam berbagai produk budaya Jepang, mulai dari film sampai grup musik, banyak perempuan di sana sangat menyukai gaya rambut berponi. Mereka percaya memiliki poni yang rapi adalah simbol kecantikan. Sampai-sampai ada istilah “Maegami” (前髪) yang sering digunakan untuk merujuk kepada perempuan cantik yang memiliki poni.

Yuk, kita lihat tutorial potongan rambut Japanese bangs ala Cecil! Gimana, sih, caranya?

Langkah 1: Pisahkan Rambut dengan Poni

Tutorial Japanese bangs hairstyle Cecilia Amalo | Sumber: TikTok @sweetsesil_

Pertama-tama, kamu mesti memastikan poni terpisah dari bagian rambut lainnya. Ini penting karena nantinya poni akan lebih mudah dan lebih presisi saat diatur. Untuk mencapai hasil yang maksimal, pastikan potongan poni nggak tercampur dengan rambut lainnya, ya.

Saran dari Cecil, kamu bisa memisahkan poni dengan menempatkan sisir secara vertikal di garis tengah kepala dan menarik rambut ke kedua sisi sisir tersebut. Dengan cara ini, poni akan terpisah dengan gampang dari bagian rambut lainnya.

Selain itu, pastikan sisa rambut yang nggak termasuk dalam poni disibakkan ke belakang telinga, ya.

Langkah 2: Basahi Poni dengan Air

Tutorial Japanese bangs hairstyle Cecilia Amalo | Sumber: TikTok @sweetsesil_

Selanjutnya, basahi poni dengan air secara merata, tetapi pastikan juga nggak membuatnya terlalu basah sehingga nggak terlihat kuyup. Basahi poni dengan air sedikit saja agar memudahkan proses penataan nantinya.

Untuk memastikan air tersebar merata, kamu bisa menggunakan sprayer untuk menyemprotkan air ke seluruh bagian poni. Hal ini bakal membuat rambut poni kamu lebih mudah dibentuk dan disesuaikan dengan gaya yang diinginkan.

Langkah 3: Catok Lurus Poni

Tutorial Japanese bangs hairstyle Cecilia Amalo | Sumber: TikTok @sweetsesil_

Setelah memastikan poni sudah dibasahi dengan merata, langkah berikutnya adalah gunakan catok untuk meluruskan poni. Pastikan untuk menjaga agar poni tetap lurus, tanpa adanya lengkungan nggak diinginkan, ya.

Kamu juga bisa menggunakan bantuan sisir saat meluruskan poni agar setiap helai rambut teratur dan lurus dengan sempurna. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan hasil akhir yang lebih memuaskan sesuai dengan harapan.

Langkah 4: Gunakan Wax Stick pada Poni

Tutorial Japanese bangs hairstyle Cecilia Amalo | Sumber: TikTok @sweetsesil_

Seusai meluruskan poni dengan catok, langkah selanjutnya untuk menjaga tampilan poni tetap prima, atau istilahnya paripurna dan anti-badai, kamu bisa menggunakan wax stick. Wax stick akan membantu menjaga poni tetap stabil biar nggak mudah berantakan dan rusak selama aktivitas sehari-hari. 

Gunakan wax stick secara merata di pangkal rambut poni agar poni tetap “stay” dengan baik. Selain itu, aplikasikan juga wax stick di ujung poni untuk mencegahnya menjadi kusut dan mengembang.

Kalau kamu memiliki baby hair di sekitar poni atau garis rambut, jangan khawatir, wax stick juga bisa menjadi penyelamat, loh. Oleskan wax stick pada bagian-bagian tersebut untuk merapikan baby hair dan menciptakan tampilan yang lebih rapi. Dengan demikian, poni kamu akan terlihat lebih bersih dan teratur secara keseluruhan.

Langkah 5: Intip Hasil Akhirnya!

Tutorial Japanese bangs hairstyle Cecilia Amalo | Sumber: TikTok @sweetsesil_

Setelah melewati semua tahapan hair styling ala Jepang, saatnya melihat hasil akhirnya! Udah kelihatan kayak idol grup Jepang belum, nih? Dengan poni yang teratur, lurus, dan tetap “stay” berkat penggunaan wax stick, nggak diragukan hasilnya kelihatan kece dan cute.

Keistimewaan dari gaya rambut ini adalah kesesuaiannya dengan berbagai jenis rambut, baik panjang maupun pendek. Jadi, kamu nggak perlu ragu untuk mencoba gaya rambut ini. Patut untuk kamu coba!

***

Kamu tertarik untuk mencoba gaya rambut Japanese bangs? Jangan ragu buat mencoba sendiri di rumah dengan penampilan baru ini! Siapa tahu, gaya rambut ala Jepang ini bisa menjadi favorit baru bagi kamu. Hihi.

Media Sosial Cecilia Amalo

Masih banyak konten menarik dari Cecil yang membahas serba-serbi Jepang. Cari tahu selengkapnya lewat media sosial Cecil di bawah ini:

Artikel Terkait

Recent Posts

Waseda Boys di India

Waseda Boys dan Perjalanan Penuh Culture Shock di India

India sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial karena banyak orang mempertanyakan keamanan wisatawan yang melakukan travelling di sana usai insiden-insiden kurang menyenangkan yang terjadi di negara tempat Taj Mahal tersebut. Tapi tahu nggak kalau India menjadi salah satu destinasi dalam World Trip Waseda Boys, lho. Yuk, ikuti petualangan Jerome, Tomohiro, Otsuka, dan Yusuke saat menjelajahi India!

Alexander Matthew

Cap Lang Bukan Produk Indonesia? Simak Penjelasan Alexander Matthew

Siapa yang menyangka minyak angin Cap Lang, yang telah menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan sehari-hari, ternyata adalah produk buatan Jerman? Inilah yang membuat Alexander Matthew, seorang mahasiswa Teknik Informatika di Fachhochschule Aachen, Jerman, tertarik untuk menjelajahi keberadaan minyak tersebut di negeri tempatnya menimba ilmu. Yuk, kita simak!

Jang Hansol

Nggak Romantis Seperti Drakor, Jang Hansol Ungkap Kegelapan Wamil

Terkadang, kita sering mendengar wajib militer (wamil) menjadi semacam ketakutan bagi sebagian warga Korea. Bahkan, beberapa di antaranya sampai melarikan diri untuk menghindari wamil. Meskipun citra tentara seringkali dipromosikan sebagai sosok yang keren, gagah, dan berwibawa dalam berbagai media, tetapi bagaimana sebenarnya pelaksanaan wamil di Korea, ya? Yuk, kita simak penjelasan langsung dari Jang Hansol!