Get In Touch
Millennium Centennial Center, Jl. Jenderal Sudirman No. Kav. 25, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Work Inquiries
contact@mantappu.com
(+62) 822 3019 3060

Kisah Cecilia Amalo, Berawal dari Wibu Hingga Dream Comes True!

November 2, 2022

by Admin

Ditulis oleh: Josephine Kurniawan Lukito

Source: Instagram (@ceciliaashii)

Wibu. Mungkin banyak yang langsung skeptis dan ngerasa kalau wibu ‘bau bawang’, cringe, dan norak. Eits, Cecilia Amalo siap patahin stereotipe itu melalui artikel ini! Kecintaannya terhadap Jepang, justru membuat Cecil dikenal masyarakat Indonesia dan sukses meraih impiannya.

Kenalan dengan Cecilia Amalo, yuk!

Cecilia Amalo, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Cecil merupakan seorang TikTok creator @sweetsesil_ dengan ciri khas video yang membawa unsur Jepang di dalamnya. Cecil aktif di berbagai platform sosial media yang dimilikinya, termasuk di Youtube SweetSesil_, Instagram @ceciliaashii, dan juga Twitter @sweetcecil_. Cewek asal Bali ini menarik perhatian publik setelah video dubbing Layangan Putus yang dibuatnya menyentuh jutaan views dan meraih applause dari masyarakat online Indonesia sebab kefasihannya dalam berbahasa Jepang, dan juga bagaimana scene stealer tersebut di remake serta di dubbing dengan emosi yang serupa, bikin masyarakat auto geleng-geleng, alias keren abis! Nggak banyak yang tahu, Cecil memang tertarik dan sempat bergabung dalam klub teater di masa sekolahnya. Hal inilah yang kemudian mempeloporinya untuk memberanikan diri membuat remake sekaligus dubbing scene stealer untuk Layangan Putus! Nggak disangka, video tersebut meraih jutaan views, dan membuatnya semakin dikenal di masyarakat Indonesia!

Berawal dari wibu hingga kini berhasil kuliah di Jepang

“Jepang selalu punya cara untuk buat aku terheran-heran,” 

Cecilia Amalo

Dari wibu hingga fasih bahasa Jepang

Kecintaan Cecil terhadap Jepang dimulai dari saat dirinya duduk di kelas 6 SD. Kecintaan tersebut lantas mendorong Cecil untuk mulai belajar banyak hal mengenai negara Jepang. Awalnya, Cecil belajar bahasa Jepang melalui animasi kartun Jepang yang kerap ditontonnya. Dari animasi kartun tersebut, ia kemudian mencatat kosakata yang belum pernah didengarnya, mencari arti dari kosakata tersebut, hingga kemudian menirukan bagaimana animasi kartun tersebut melafalkan kosakata yang diucapkannya. And, that’s how Cecil learned Japanese! 

Belajar bahasa Jepang secara otodidak

Kefasihan Cecil dalam berbahasa Jepang diperoleh dari hasil belajarnya selama kurang lebih 5 tahun secara otodidak. Cecil sendiri adalah seorang wibu, in a good way tentunya! Wibu sendiri merupakan sebutan untuk seseorang yang jatuh cinta dengan budaya Jepang mulai dari bahasa, budaya, dan banyak lainnya! Kalau ditanya kenapa suka Jepang, Cecil menjawab dengan sederhana,

Awalnya wibu, kini sukses jadi content creator

Dalam interview eksklusif dengan tim, Cecil menceritakan bahwa awal mula dirinya menjadi content creator merupakan sebuah ketidaksengajaan. Meskipun seorang wibu, dan sangat menyukai Jepang, Cecil saat itu, merasa mudah lupa akan kosakata bahasa Jepang yang beragam. Cecil kemudian memutuskan untuk mendokumentasikan dirinya sendiri yang sedang menghafalkan dan melafalkan kosa kata tersebut. Hal ini dilakukannya sekaligus untuk mengingat akan kosakata yang sudah ia pelajari. Lama kelamaan, footage tersebut menjadi semakin banyak dan kian tidak cukup untuk memori gadget-nya. Cecil pun memutuskan untuk meng-upload beberapa footage tersebut ke platform TikTok @sweetsesil_ yang waktu itu belum se-booming saat ini. Namun, tiba-tiba banyak orang merasakan manfaat dari footage tersebut. Lantas, semakin banyak masyarakat yang kemudian mem-follow, share, dan memberikan like terhadap konten-konten Cecil, hingga saat ini.

Dream comes true, Cecil sekarang di Jepang!

Youtube SweetSesil_ juga jadi platform lain yang digunakan cewek kelahiran NTT, Kupang ini, untuk share aktivitas keseharian yang dilakukannya. Saat ini, berkat kerja keras selama bertahun-tahun, Cecil berhasil meraih beasiswa di Jepang! Cecil kini melanjutkan studi di Jepang, dan sedang berada di Negeri Sakura tersebut, lho! Hal ini merupakan salah satu dream comes true bagi cewek yang artsy ini, mengingat Jepang merupakan negara yang selama ini menjadi sumber inspirasi dan merupakan ketertarikannya. Tapi, dream comes true, nggak bikin Cecil cepat berpuas diri! Ketika ditanya tentang harapan ke depan dan cita-citanya di karir yang digelutinya saat ini, Cecil dengan mantap menjawab, 

“Ke depannya, aku ingin lebih konsisten dan punya ciri khas yang kuat, mulai dari penampilan, begitu juga pembawaan,”

Cecilia amalo

Cecil kini bergabung dengan Mantappu Corp., rumah untuk beberapa influencer nasional dan internasional dengan nama besar seperti Jerome Polin, Jang Hansol (Korea Reomit), Leonardo Edwin, Jehian Sijabat, Turah Parthayana, dan banyak lainnya. 

Recent Posts