Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Cinta Lingkungan ala Jerhemy Owen – Ciliwung Cleanup sampai TPST Bantargebang

February 21, 2023

by Nadya Christie

Bersih-bersih sampah, nanem pohon, sampai kunjungan ke TPST? Yakin bakalan seru? Yuk, simak artikel seputar aktivitas Jerhemy Owen ini!

Siapa bilang bersih-bersih sampah, nanem pohon, dan kunjungan ke TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) itu nggak asyik buat dilakuin sama generasi muda? Melalui artikel ini, TeaMantappu bakal ngajak kamu buat lihat keseruan cinta lingkungan ala Jerhemy Owen bersama dengan para creators dan aktivis lingkungan lainnya dalam kegiatan Ciliwung Cleanup, MANTRA BARU, dan kunjungan ke Bantargebang yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Langsung cek pembahasannya berikut ini!

Jerhemy Owen: Content Creator yang Peduli Lingkungan

Jerhemy Owen, atau yang akrab disapa dengan “Owen”, adalah seorang content creator asal Jakarta, Indonesia. Owen merupakan anak kedua dari dua bersaudara yang saat ini tinggal di Breda, Belanda. Pria berkebangsaan Indonesia ini, baru aja bergabung secara resmi jadi talent Mantappu pada Desember 2022 ini, aktif sharing tentang kesehariannya sebagai seorang mahasiswa jurusan Teknologi Lingkungan untuk Energi Terbarukan di Avans University of Applied Sciences di Breda, Belanda.

Pria yang lahir pada tanggal 29 April 2002 ini, memang memiliki ketertarikan dengan lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan bergabungnya ia menjadi bagian dari Greeneration Foundation Indonesia, dan beberapa pengalamannya menjadi bagian dari event bertemakan cleaning up baik di Jakarta (Cleanup with WCDI x Jerhemy Owen) maupun di Belanda (Pick Up Trash Community in Breda). 

Gambar Kepulangan Jerhemy Owen ke Indonesia disambut oleh Jehian Panangian Sijabat selaku CEO Mantappu Corp. (Sumber: Instagram @jerhemynemo)
Kepulangan Jerhemy Owen ke Indonesia disambut oleh Jehian Panangian Sijabat selaku CEO Mantappu Corp. (Sumber: Instagram @jerhemynemo)

Bersekolah di luar negeri, membuat Owen menjadi seorang trilingual. Owen menguasai tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris (IELTS 6), dan tentunya Bahasa Belanda. Kemampuan berbahasanya ini yang kemudian membuat Owen berkesempatan untuk mengikuti kegiatan volunteering  Rainforest CFX. Terlebih khusus dalam kesempatan tersebut, Owen mendapat jobdesk sebagai seorang translator yang diberi tugas untuk translate data dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

Kalau kamu intip media sosialnya Owen—Instagram (521K), Tiktok (2,2 juta), Youtube (1,56 Juta) -nya yang dapet goldplay button belum lama ini, maupun Twitter (1,602K) -nya yang baru aja dibuka, kamu juga bakal sering nemuin konten-konten seputar lingkungan, guys! Beberapa di antaranya bakal TeaMantappu bahas di bawah ini. Cekidot!

Ciliwung Cleanup: Kolaborasi World Cleanup Day Indonesia x Jerhemy Owen

Gambar Jerhemy Owen Membersihkan Sampah di Sungai Ciliwung pada Kegiatan Ciliwung Cleanup, 14 Januari 2023 (Sumber: Instagram @jerhemynemo)
Jerhemy Owen Membersihkan Sampah di Sungai Ciliwung pada Kegiatan Ciliwung Cleanup, 14 Januari 2023 (Sumber: Instagram @jerhemynemo)

Pada Juli 2022, Owen ngajak diskusi Kak Abe selaku pimpinan dari World Cleanup Day Indonesia buat ngadain kegiatan bersih-bersih sampah. Ternyata, antusiasme yang diterima tinggi banget! Kegiatan Ciliwung Cleanup ini pun berhasil dilaksanakan pada 14 Januari 2023 di Bantaran Sungai Ciliwung, Sentul, Bogor.

Gambar Para Partisipan Kegiatan Ciliwung Cleanup (Sumber: Youtube Jerhemy Owen)
Para Partisipan Kegiatan Ciliwung Cleanup (Sumber: Youtube Jerhemy Owen)

Sayangnya, dikarenakan kuota yang terbatas, cuma 10 relawan dari 500 orang pendaftar yang bisa ikut hadir dalam kegiatan ini. Berikut ditambah oleh perwakilan dari World Cleanup Day Indonesia, beberapa NGO Sungai Ciliwung, Waste4Change, Greeneration Foundation, Operasi Semut, Ikonik, 11 orang content creators, serta TeaMantappu.

Gambar Kantong Sampah yang Terkumpul sebagai Hasil Membersihkan Sungai Ciliwung (Sumber: Instagram @jerhemynemo)
Kantong Sampah yang Terkumpul sebagai Hasil Membersihkan Sungai Ciliwung (Sumber: Instagram @jerhemynemo)

Kegiatan bersih-bersih di Sungai Ciliwung ini dilakuin selama satu jam lewat tiga tim; tim bersih-bersih di bantaran sungai, area sungai yang dangkal, dan dalam sungai. Total ada 1,35 ton sampah yang berhasil dikumpulin! Itu pun sebenernya belum seberapa lho, guys, dibandingin dengan tumpukan sampah yang masih ada di area Sungai Ciliwung. Makanya, Owen kepingin banget bikin kegiatan semacam ini lagi dengan skala yang lebih besar.

MANTRA BARU: Kegiatan Tanam Pohon di Kawasan Ekowisata Mangrove, Jakarta Utara

Owen hadir sebagai pembicara dan kontributor dalam kegiatan MANTRA BARU: Mantappu Harapan Baru yang dilaksanakan pada 15 Januari 2023 di Kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan final project yang dikerjakan oleh temen-temen dari Mantappu Tomodachi Internship Program (MTIP) Batch 3. Kegiatan ini juga diramein sama kehadiran Jehian Sijabat selaku CEO Mantappu Corp., serta perwakilan dari Sustaination dan keMANGTEER Jakarta.

Gambar Jerhemy Owen Menanam Pohon Mangrove pada Kegiatan MANTRA BARU di Kawasan Ekowisata Mangrove, 15 Januari 2023 (Sumber: Instagram @jerhemynemo)
Jerhemy Owen Menanam Pohon Mangrove pada Kegiatan MANTRA BARU di Kawasan Ekowisata Mangrove, 15 Januari 2023 (Sumber: Instagram @jerhemynemo)

MANTRA BARU dibuka dengan agenda main games, sharing session bareng Owen, terus dilanjut dengan kegiatan menanam bibit Mangrove-nya itu sendiri. Kamu bisa lihat secuil keseruannya lewat foto-foto berikut ini!

Melalui kegiatan ini, sebanyak 100 bibit tanaman mangrove berhasil ditanam! Harapannya, semoga makin bisa ningkatin awareness kita tentang pentingnya mangrove, ya!

“270 hektar hutan mangrove di Jakarta hilang dalam 8 tahun. Sekarang, sisa 60an doang. Padahal, pohon mangrove punya banyak banget dampak positif bagi lingkungan. 10 kali lebih efektif dalam menyerap emisi karbon, mencegah erosi tanah, dan lainnya.”

Jerhemy Owen, 2023.

Kunjungan ke TPST Bantergebang

Gambar Kunjungan Jerhemy Owen ke TPST Bantargebang, Bekasi, Indonesia (Sumber: Instagram @jerhemynemo)
Kunjungan Jerhemy Owen ke TPST Bantargebang, Bekasi, Indonesia (Sumber: Instagram @jerhemynemo)

Buat kalian yang belum tahu, Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang yang ada di Bekasi, Indonesia adalah tempat pembuangan sampah terbesar se-Asia Tenggara, lho! Sampah-sampah yang berasal dari DKI Jakarta, semuanya berakhir di tempat ini.

Kunjungan Owen ke PLTSa di Bekasi, Indonesia (Sumber: Tiktok @jerhemynemoo)
Kunjungan Owen ke PLTSa di Bekasi, Indonesia (Sumber: Tiktok @jerhemynemoo)

Pada pertengahan Januari 2023, Owen nyempetin pergi melihat tumpukan sampah yang ada di TPST Bantargebang yang tingginya mencapai 50 meter. Nggak cuma itu, Owen juga berinteraksi dan bagi-bagi makanan sama para penduduk yang tinggal di sana, sekaligus lihat proses konversi sampah jadi energi listrik di kantor Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

***

Itu dia beberapa kegiatan yang dilakuin sama Jerhemy Owen sebelum dia harus balik lagi ke Belanda! Dari Owen, kita—terutama generasi muda—bisa belajar buat ikut serius membantu melestarikan lingkungan dari hal-hal kecil. Jangan lupa ikutin media sosialnya Owen biar tahu info terupdate dari doi, sekaligus bisa ikut seru-seruan berkontribusi untuk lingkungan lewat kegiatan-kegiatan semacam tadi, ya!

Referensi

Instagram @jerhemynemo
Instagram @mantappucorp
Tiktok @jerhemynemoo
Youtube Jerhemy Owen
Read more: Cinta Lingkungan ala Jerhemy Owen – Ciliwung Cleanup sampai TPST Bantargebang

Recent Posts

Alexander-Matthew-di-Jerman

CCTV dan AC Lumrah di Indonesia, tapi Jarang Ada di Jerman?

Matthew dalam kontennya memang sering membahas berbagai aspek terkait Jerman dari A-Z. Kali ini, ia menyoroti hal-hal yang umum dijumpai di Indonesia, tetapi langka atau bisa disebut barang yang nggak biasa di Jerman. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak!

Jerhemy-Owen-di-Pembangkit-Listrik-Tenaga-Surya-Terapung-terbesar-di-ASEAN

Gaji Tukang Sampah di Belanda Mencapai Dua Digit?

Jerhemy Owen sering mengulas berbagai aspek kehidupan di Belanda, mulai dari kebudayaan, warisan sejarah, hingga lingkungan di sana. Kali ini, Owen membawa kita menelusuri sudut pekerjaan yang mungkin jarang dibahas, yaitu profesi tukang sampah. Kira-kira berapa, sih, gaji tukang sampah di Belanda? Yuk, kita bahas bareng Owen!

Dokter Ekida Rehan

Dokter Ekida: Bahaya Cuci Hidung dengan Air Keran

Beberapa waktu belakangan, sempat ramai fenomena cuci hidung karena banyaknya kasus pilek yang sedang merebak. Namun, di tengah maraknya praktik tersebut, beberapa orang tergoda mencoba mencuci hidung dengan menggunakan air keran dan selang. Pertanyaannya: apakah praktik ini diperbolehkan atau bahkan aman dilakukan? Yuk, kita telusuri penjelasan lebih lanjut dari Dokter Ekida!