Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Duet Masak Tomohiro dan Mama, Gagal Masak Rendang?

July 2, 2024

by Fahma Ainurrizka

Udah pernah lihat Tomohiro Yamashita masak belum, TeMantappu? Kalau belum, kali ini kamu wajib nonton karena Tomo nggak masak sendirian. Dia masak bareng mama-nya! Nggak cuma masak masakan Jepang yang jadi andalan mereka, tapi mereka juga coba tantangan baru dengan bikin rendang, masakan khas Indonesia yang terkenal susah bikinnya. Ibu dan anak ini saling bantu, berbagi tips, dan tentunya nambahin bumbu rahasia mereka sendiri. Wah, gimana, ya, hasil akhirnya? Apakah rendang buatan mereka bisa seenak rendang asli Indonesia? Yuk, kita tonton keseruan mereka masak bareng dan lihat gimana hasilnya!

Tomohiro Yamashita masak bareng Mama | Sumber: YouTube/tomohiroyamashita0111

Minasan, Konnijiwa!

Tomo nggak cuma sering masak bareng Waseda Boys aja, lho. Kali ini, Tomo jadi chef di dapur bareng Mama. Mereka mencoba berbagai macam masakan, mulai dari masakan andalan Mama, mencoba tantangan membuat rendang (berhasil nggak ya kali ini?), sampai masakan favorit Waseda Boys. 

Mereka saling bantu, berbagi tips, dan pastinya banyak canda tawa di sepanjang proses memasak. Meskipun mungkin ada sedikit kekacauan di sana-sini, tapi semua itu membuat momen masak bareng ini menjadi lebih berkesan dan banyak ngakak-nya. Hihi.

Gimana hasil masakan mereka kali ini? Yuk, kita intip keseruannya!

Tomo Masak Masakan Andalan Mama

Tomohiro Yamashita masak bareng Mama | Sumber: YouTube/tomohiroyamashita0111

Masakan kali ini benar-benar seru banget dan pastinya bikin kamu ngiler! Mama dan Tomo, bareng Livy, lagi-lagi beraksi di dapur, masak masakan andalan Mama Tomo, yaitu chicken with sweet sour sauce.

Langkah pertama, mereka memotong muneniku (daging dada ayam). Dagingnya digeprek sampai pipih, lalu dibumbui dengan campuran garam, merica, jahe, dan bawang putih yang bikin aromanya makin menggoda. 

Setelah itu, daging ayamnya dimarinasi, dibungkus dengan plastik wrap, dan dimasukkan ke kulkas supaya bumbunya meresap sempurna. Proses marinasi ini penting banget biar dagingnya makin lezat dan juicy pas dimasak nanti.

Sementara nunggu dagingnya dimarinasi, mereka nyiapin terong yang digoreng pakai olive oil dan sauce sampai kecoklatan dan wangi. Terong ini bakal jadi pelengkap yang sempurna buat hidangan utama mereka.

Setelah daging ayamnya siap, mereka mulai menggoreng. Ayam yang udah dimarinasi, dilumuri tepung sampai rata dan digoreng sampai renyah dan keemasan. Proses goreng ini bikin dapur mereka penuh dengan aroma yang bikin perut keroncongan.

Nggak lupa, mereka juga bikin saus sweet sour yang jadi ciri khas olahan ayam ini. Saus ini dibuat dari campuran bahan-bahan segar dan beberapa bumbu rahasia dari Mama Tomo (buat tahu resepnya tonton videonya di bawah, ya! Hihi). Saus ini bakal nambahin rasa manis dan asam yang seimbang. 

Akhirnya, semua masakan siap disajikan. Chicken with sweet sour sauce, ditambah terong yang kelihatan enak, lengkap disajikan di meja makan. Kira-kira gimana, ya, rasanya? Yuk, kita lihat gimana hasil akhirnya! Siapa tahu kamu jadi terinspirasi buat coba masak sendiri di rumah.

Tomo masak makanan tradisional Jepang bareng Mama dan Livy!

Tomo, Mama, dan Otsuka Masak Rendang

Tomohiro Yamashita masak bareng Mama | Sumber: YouTube/tomohiroyamashita0111

Nah, kali ini menu yang lebih menantang! Setelah sebelumnya masak masakan andalan Mama, kali ini Tomo dan Mama ditemani Otsuka mencoba memasak rendang. Yup, rendang, masakan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa rempahnya yang kaya dan proses memasaknya yang panjang.

Pertama, Tomo nyiapin 450 gram daging sapi. Sebelumnya, Tomo udah merebus daging sapinya selama 2 jam pakai daun jeruk biar dagingnya empuk dan beraroma. Langkah persiapan ini penting banget buat memastikan rendangnya nanti enak dan dagingnya nggak alot.

Selanjutnya, Tomo menggunakan dua bungkus santan instan dan bumbu instan rendang. Nggak ketinggalan, ia juga menambahkan kemiri, kayu manis, bubuk kunyit, dan daun jeruk buat nambahin aroma dan rasa khas rendang. Semua bahan itu dimasak jadi satu sampai warnanya berubah kecoklatan, sekitar 20 menit.

Setelah bumbunya siap, Tomo mulai memasukkan daging sapi yang udah direbus tadi. Tapi, ternyata ada sedikit kendala. Bumbunya cuma jadi sedikit dan agak gagal mengental. Hihi!

Tomo akhirnya menambahkan lebih banyak santan untuk memperbaiki tekstur bumbunya. “Benar-benar medok, kuat banget,” komentar mereka sambil tertawa. Untuk mengatasi kekentalan yang berlebihan, mereka pun menambahkan air. Ternyata, mereka lupa menambahkan air dari awal!

Dengan candaan, Tomo bilang, “Try and error, Guys!” meskipun rendang mereka mungkin lebih mirip kari, proses masak kali ini tetap seru. Apakah rendang buatan Tomo, Mama, dan Otsuka berhasil dan sesuai ekspektasi? Yuk, kita lihat hasil akhir rendang mereka di sini:

Tomo masak rendang bareng Otsuka dan Mama!

Tomo Masak Masakan Favorit Waseda Boys

Tomohiro Yamashita masak bareng Mama | Sumber: YouTube/tomohiroyamashita0111

Nah, kali ini Tomo bareng Mama masak makanan yang disukai Waseda Boys waktu mereka main ke rumah Tomo. Mereka masak steak lobak putih Jepang. Yup, steaknya pakai lobak putih Jepang dan di atasnya ada tambahan daging dan jamur. Biar lebih menarik, mereka taburi jamur maitake, dan bawang hijau di atasnya. “Supaya lebih sehat tapi perutnya bisa jadi penuh,” kata Tomo sambil tertawa.

Pertama-tama, mereka perlu memotong dan memanggang lobak putih biar empuk. Kemudian, lobak putih dimasak dengan air dan sedikit beras. Kata Mama Tomo, “Dikasih beras biar ada rasa manisnya.” Setelah itu, lobaknya dipanggang sampai kecoklatan dan harum.

Selanjutnya, mereka memasak daging dengan cara mengosengnya bersama garam dan gula, serta menambahkan jamur. Untuk nambahin rasa, mereka pakai ponzu, saus dari kecap asin dan jus jeruk yang biasa digunakan dalam masakan Jepang. Ponzu ini bakal kasih sentuhan asam dan segar yang bikin dagingnya makin lezat.

Nggak cuma itu, mereka juga masak chicken wings yang dibumbui dengan kecap asin, mirin, gula, sake, dan bawang putih. Setelah dibumbui, sayap ayamnya digoreng dengan tepung sampai renyah dan keemasan.

Akhirnya, saatnya untuk plating! Lobak yang sudah dipanggang diletakkan di piring, lalu ditumpuk dengan daging dan jamur oseng. Chicken wings yang sudah digoreng juga disajikan di sampingnya.

Kira-kira, kayak apa ya bentuk dan rasanya? Yuk, tonton keseruan Tomo dan Mama saat masak makanan kali ini:

Tomo masak makanan favorit Waseda Boys bareng Mama!

Gimana, TeMantappu? Ternyata Tomo emang jago banget masaknya, ya. Pengalaman masaknya bareng Mama dan teman-teman memang bikin terkesan. Nah, kalau kamu punya rekomendasi masakan lain yang menurutmu wajib Tomo coba masak, ceritain dong! Apa makanan favoritmu atau masakan khas dari daerahmu yang mungkin belum pernah dicoba Tomo? Yuk, kita tunggu kelanjutan sesi masak Tomo berikutnya!

Media Sosial Tomohiro Yamashita

Biar kamu nggak ketinggalan keseruan kegiatan lain dari Tomo, ikuti media sosial Tomo di bawah ini:

Recent Posts

Pengalaman wawancara kerja di Jepang versi Yusuke

Pengalaman Yusuke Mengikuti Wawancara Kerja di Jepang

Kali ini, yuk kita simak perjalanan Yusuke menjalani serangkaian wawancara kerja, baik secara online maupun offline di Jepang. Yusuke cerita gimana ia mempersiapkan diri dari pemilihan baju hingga menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari interviewer. Selain itu, ia juga membagikan insight tentang alur rekrutmen kerja di Jepang, lho—proses yang terkadang mirip, tapi juga punya nuansa dan tuntutan tersendiri jika dibandingkan dengan Indonesia. Yuk, kita telusuri cerita lengkapnya!

Rekomendasi top 5 drama Korea tahun ini versi Alex Simanjuntak

5 K-drama Terbaik Tahun Ini versi Alex Simanjuntak

Pengin tahu nggak drama Korea apa aja yang jadi favorit Alex Simanjuntak alias Boboholokal tahun ini? Mulai yang baru rilis sampai yang jadi timeless classics. Lengkap dari genre misteri, thriller, sampai slice of life yang seru banget, setiap drama ini punya cerita unik dan karakter-karakter yang bikin penasaran. Yuk, kita simak pilihan-pilihan drama Korea dari Alex!