Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

#RealitaMerantau – Alasan Orang Merantau ke Korea Selatan

June 17, 2023

by Nadya Christie

Apa sih alasan yang bikin orang-orang ingin merantau ke Korea Selatan? Simak penjelasan Jang Hansol melalui artikel ini!

Segmen #RealitaMerantau di Kanal Youtube Korea Reomit

Dengan besarnya ekspos terhadap Korean World melalui Korean Wave (K-Pop, K-Drama, dst), telah mendorong banyak dari orang Indonesia yang tertarik untuk tinggal di Korea Selatan. Kamu termasuk salah satunya bukan nih?

Maka dari itu, Hansol tergiat untuk kembali giat menggarap segmen #RealitaMerantau di kanal Youtube-nya. Pada segmen ini, Hansol akan berkolaborasi dengan narasumber asli Indonesia yang sedang menetap di Korea Selatan untuk menunjukkan realita dari pengalaman merantau mereka.

Kenapa sih, banyak orang yang ingin merantau ke Korea Selatan?

Upah yang Tinggi

Meskipun biaya hidup di Korea Selatan lebih tinggi, tapi hal tersebut sejalan dengan tawaran upah yang lebih tinggi juga. Selain itu, nggak ada perbedaan upah antara warga asli Korea Selatan dengan warga asing.

Apresiasi untuk Pekerja Seni

Dibandingkan dengan di Indonesia, buat kamu yang tertarik dan memiliki latar belakang di bidang seni—baik seni murni maupun terapan, kamu akan mendapatkan apresiasi lebih tinggi saat mengejar mimpi kamu itu di Korea Selatan.

Beberapa universitas terbaik di Korea Selatan yang menawarkan program studi seni terbaik adalah Seoul Institute of Arts, Korea University of Arts, dan Seoul National University.

Beasiswa bagi Pelajar dan Mahasiswa Asing

Banyak dari sekolah, universitas, maupun unit pemerintah di Korea Selatan yang menawarkan beasiswa untuk para pelajar dan mahasiswa asing. Beberapa beasiswa bahkan turut menyediakan kelas persiapan, biaya untuk tempat tinggal, dan uang jajan untuk kehidupan sehari-hari. Buat teMantappu yang tertarik, kamu bisa rajin-rajin cek info ke website atau media sosial dari sekolah impian kamu di Korea Selatan, ya!

Gambar Sosok Stephani asal Indonesia, yang menerima Beasiswa KGSP untuk studi S1 di Seoul National University (Sumber: Youtube Korea Reomit)
Sosok Stephani asal Indonesia, yang menerima Beasiswa KGSP untuk studi S1 di Seoul National University (Sumber: Youtube Korea Reomit)

Sssstttt, tapi bener nggak sih, ada beberapa orang yang merantau ke Korea Selatan karena para idol atau aktor kesukaan mereka? Ternyata, ada banget!

Gambar Sosok Christina asal Indonesia yang berhasil melanjutkan studi S2 di Ewha University atas risetnya tentang BTS (Sumber: Youtube Korea Reomit)
Sosok Christina asal Indonesia yang berhasil melanjutkan studi S2 di Ewha University atas risetnya tentang BTS (Sumber: Youtube Korea Reomit)

Ada info tambahan nih dari Hansol, bahwa memang ada juga orang-orang yang merantau ke Korea Selatan untuk mencari jodoh! Tapi hal ini nggak cuma berlaku untuk orang Indonesia aja lho, ya.

Tempat Tinggal Perantau Indonesia di Korea Selatan

Orang-orang Indonesia yang merantau ke Korea Selatan, biasanya tinggalnya di mana sih?

Kalau soal daerah, tergantung dengan letak universitas ataupun tempat kerja. Jadi, nggak memusat hanya di satu daerah aja.

Kalau soal tipe bangunan tempat tinggal, tergantung pada jumlah tunjangan ataupun gaji yang dimiliki. Pada umumnya, para pelajar maupun mahasiswa memilih tinggal di tipe one-room karena harga sewa dan depositnya yang lebih rendah.

Mau merantau di dalam negeri maupun luar negeri, tetap harus berhemat ala anak kos ya, xixi. Mas Hansol juga nggak jauh beda sama kita lho, saat awal merintis karier di Korea Selatan! Journey-nya ini bisa kamu tonton kembali di kanal Youtube Korea Reomit!

***

Sekian pembahasan kali ini tentang “#RealitaMerantau – Alasan Orang Merantau ke Korea Selatan”! Semoga teMantappu yang berencana untuk merantau ke Korea Selatan bisa dapat insights dari artikel ini, ya! Sampai ketemu di artikal berikutnya!

Referensi

Dok. Mantappu Corp.

Read more: #RealitaMerantau – Alasan Orang Merantau ke Korea Selatan

Recent Posts

Hitomi talent Mantappu Corp.

Ribbon Hairstyle Ala Hitomi: Simpel dan Manis!

Hitomi berbagi variasi hairstyle dengan ribbon. Mulai dari kuncir kuda dengan kesan chic dan fresh, sampai kepang berlilit pita yang kelihatan girly. Yuk, kita simak berbagai kreasi ribbon hairstyle dari Hitomi! Siapa tahu kamu bisa menemukan gaya rambut favorit yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Cecilia Amalo

Cecilia Amalo Jelajahi Kantin di Osaka Shoin Women’s University

Cecilia Amalo, yang akrab dipanggil Cecil, awal tahun ini memulai petualangan barunya dengan kuliah di Jepang, lho. Ia diterima di Osaka Shoin Women’s University. Sebagai mahasiswa baru, Cecil tentunya antusias mengeksplorasi fasilitas-fasilitas kampus barunya ini. Salah satu tempat yang menarik perhatiannya adalah kantin kampus. Di sana, banyak food truck yang berjajar menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Yuk, kita simak keseruannya!

Tomohiro Yamashita mencoba es dawet di Pasar Gedhe Solo

Tomohiro Kunjungi Pasar Tradisional di Indonesia

Tomohiro Yamashita kali ini mengunjungi salah satu pasar lokal yang terkenal di Solo, Jawa Tengah, yaitu Pasar Gede. Kira-kira, gimana, ya, reaksi Tomohiro ketika melihat pasar tradisional di Indonesia untuk pertama kalinya? Sebagaimana kita tahu, di Jepang masyarakat lebih familiar dengan supermarket yang serba modern dan efisien. Pasar tradisional di Jepang memang ada, tetapi nggak sepopuler dan semeriah pasar tradisional di Indonesia yang nyaris selalu penuhi. Jadi, yuk kita simak lebih lanjut pengalaman seru Tomohiro Yamashita saat menjelajahi Pasar Gede di Solo!