Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

#RealitaMerantau – Alasan Orang Merantau ke Korea Selatan

June 17, 2023

by Nadya Christie

Apa sih alasan yang bikin orang-orang ingin merantau ke Korea Selatan? Simak penjelasan Jang Hansol melalui artikel ini!

Segmen #RealitaMerantau di Kanal Youtube Korea Reomit

Dengan besarnya ekspos terhadap Korean World melalui Korean Wave (K-Pop, K-Drama, dst), telah mendorong banyak dari orang Indonesia yang tertarik untuk tinggal di Korea Selatan. Kamu termasuk salah satunya bukan nih?

Maka dari itu, Hansol tergiat untuk kembali giat menggarap segmen #RealitaMerantau di kanal Youtube-nya. Pada segmen ini, Hansol akan berkolaborasi dengan narasumber asli Indonesia yang sedang menetap di Korea Selatan untuk menunjukkan realita dari pengalaman merantau mereka.

Kenapa sih, banyak orang yang ingin merantau ke Korea Selatan?

Upah yang Tinggi

Meskipun biaya hidup di Korea Selatan lebih tinggi, tapi hal tersebut sejalan dengan tawaran upah yang lebih tinggi juga. Selain itu, nggak ada perbedaan upah antara warga asli Korea Selatan dengan warga asing.

Apresiasi untuk Pekerja Seni

Dibandingkan dengan di Indonesia, buat kamu yang tertarik dan memiliki latar belakang di bidang seni—baik seni murni maupun terapan, kamu akan mendapatkan apresiasi lebih tinggi saat mengejar mimpi kamu itu di Korea Selatan.

Beberapa universitas terbaik di Korea Selatan yang menawarkan program studi seni terbaik adalah Seoul Institute of Arts, Korea University of Arts, dan Seoul National University.

Beasiswa bagi Pelajar dan Mahasiswa Asing

Banyak dari sekolah, universitas, maupun unit pemerintah di Korea Selatan yang menawarkan beasiswa untuk para pelajar dan mahasiswa asing. Beberapa beasiswa bahkan turut menyediakan kelas persiapan, biaya untuk tempat tinggal, dan uang jajan untuk kehidupan sehari-hari. Buat teMantappu yang tertarik, kamu bisa rajin-rajin cek info ke website atau media sosial dari sekolah impian kamu di Korea Selatan, ya!

Gambar Sosok Stephani asal Indonesia, yang menerima Beasiswa KGSP untuk studi S1 di Seoul National University (Sumber: Youtube Korea Reomit)
Sosok Stephani asal Indonesia, yang menerima Beasiswa KGSP untuk studi S1 di Seoul National University (Sumber: Youtube Korea Reomit)

Sssstttt, tapi bener nggak sih, ada beberapa orang yang merantau ke Korea Selatan karena para idol atau aktor kesukaan mereka? Ternyata, ada banget!

Gambar Sosok Christina asal Indonesia yang berhasil melanjutkan studi S2 di Ewha University atas risetnya tentang BTS (Sumber: Youtube Korea Reomit)
Sosok Christina asal Indonesia yang berhasil melanjutkan studi S2 di Ewha University atas risetnya tentang BTS (Sumber: Youtube Korea Reomit)

Ada info tambahan nih dari Hansol, bahwa memang ada juga orang-orang yang merantau ke Korea Selatan untuk mencari jodoh! Tapi hal ini nggak cuma berlaku untuk orang Indonesia aja lho, ya.

Tempat Tinggal Perantau Indonesia di Korea Selatan

Orang-orang Indonesia yang merantau ke Korea Selatan, biasanya tinggalnya di mana sih?

Kalau soal daerah, tergantung dengan letak universitas ataupun tempat kerja. Jadi, nggak memusat hanya di satu daerah aja.

Kalau soal tipe bangunan tempat tinggal, tergantung pada jumlah tunjangan ataupun gaji yang dimiliki. Pada umumnya, para pelajar maupun mahasiswa memilih tinggal di tipe one-room karena harga sewa dan depositnya yang lebih rendah.

Mau merantau di dalam negeri maupun luar negeri, tetap harus berhemat ala anak kos ya, xixi. Mas Hansol juga nggak jauh beda sama kita lho, saat awal merintis karier di Korea Selatan! Journey-nya ini bisa kamu tonton kembali di kanal Youtube Korea Reomit!

***

Sekian pembahasan kali ini tentang “#RealitaMerantau – Alasan Orang Merantau ke Korea Selatan”! Semoga teMantappu yang berencana untuk merantau ke Korea Selatan bisa dapat insights dari artikel ini, ya! Sampai ketemu di artikal berikutnya!

Referensi

Dok. Mantappu Corp.

Read more: #RealitaMerantau – Alasan Orang Merantau ke Korea Selatan

Recent Posts

Waseda Boys di India

Waseda Boys dan Perjalanan Penuh Culture Shock di India

India sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial karena banyak orang mempertanyakan keamanan wisatawan yang melakukan travelling di sana usai insiden-insiden kurang menyenangkan yang terjadi di negara tempat Taj Mahal tersebut. Tapi tahu nggak kalau India menjadi salah satu destinasi dalam World Trip Waseda Boys, lho. Yuk, ikuti petualangan Jerome, Tomohiro, Otsuka, dan Yusuke saat menjelajahi India!

Alexander Matthew

Cap Lang Bukan Produk Indonesia? Simak Penjelasan Alexander Matthew

Siapa yang menyangka minyak angin Cap Lang, yang telah menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan sehari-hari, ternyata adalah produk buatan Jerman? Inilah yang membuat Alexander Matthew, seorang mahasiswa Teknik Informatika di Fachhochschule Aachen, Jerman, tertarik untuk menjelajahi keberadaan minyak tersebut di negeri tempatnya menimba ilmu. Yuk, kita simak!

Jang Hansol

Nggak Romantis Seperti Drakor, Jang Hansol Ungkap Kegelapan Wamil

Terkadang, kita sering mendengar wajib militer (wamil) menjadi semacam ketakutan bagi sebagian warga Korea. Bahkan, beberapa di antaranya sampai melarikan diri untuk menghindari wamil. Meskipun citra tentara seringkali dipromosikan sebagai sosok yang keren, gagah, dan berwibawa dalam berbagai media, tetapi bagaimana sebenarnya pelaksanaan wamil di Korea, ya? Yuk, kita simak penjelasan langsung dari Jang Hansol!