Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Strategi Jehian Membangun Startup di Era Digital

October 14, 2023

by Adinda Aurel

|

Jehian Panangian Sijabat

Source: Dok. Mantappu

Hai hai TeMantappu! TeaMantappu balik lagi nih. Kali ini, TeaMantappu mau kasih informasi buat kamu tentang strategi Jehian selaku CEO Mantappu Corp. membangun startup di era digital. Wih keren banget artikel kali ini ya! Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak artikel berikut sampe abis!

Kalo mau membangun startup / bisnis, apa dulu yang harus dipersiapkan?

Kata bang Ian, satu hal yang paling mendasar yang harus dipersiapkan adalah foundationnya. Banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang harus dipersiapkan itu adalah produknya. Tapi, bagi Jehian, founders juga termasuk hal terpenting, lho. Contoh simplenya seperti siapa sih partner yang akan kamu ajak berbisnis. Selain itu, saat ini, fokus orang-orang ketika melihat entrepreneurs adalah gimana mengetahui proses menjual produknya. Padahal, sebenernya poinnya bukan itu, lho TeMantappu. Poin pentingnya adalah gimana kamu bisa belajar menjadi entrepreneurs dari yang tadinya nggak bisa jadi bisa dan menjadi ahli. Jadi, intinya yang harus dipersiapkan dari membangun startup adalah siapa foundernya dan pelajari proses belajarnya.

Apa aja sih teknik marketing di bisnis bang Ian?

Contoh, Mantappu Corp. sebagai talent management menyediakan talent-talent kepada brand yang searching for influencer. Pertanyaannya, apakah ada cara untuk marketing-in talent Mantappu? Jawabannya ada, guys! Kalo dulu, misalkan kamu handle seorang artis, kamu harus masuk ke dunianya. Tapi, kalo sekarang, kamu nggak perlu tuh door to door seperti salesman. Sekarang kamu bisa membuat talent-talent yang kamu miliki itu untuk punya value-nya sendiri. Caranya gimana? Bisa dengan buat konten-konten menarik yang kemudian di upload di berbagai platform media sosial. Konten-konten itu nantinya bisa lho jadi salah satu teknik marketing supaya klien bisa melirik talent tersebut. 

Wah ternyata teknologi berperan juga ya dalam teknik marketing. Terus, apa aja nih dampak dari sisi positif dan negatif penggunaan teknologi dalam membangun startup?

Teknologi berperan penting terutama dalam teknik marketing. Kalo kata bang Ian, penggunaan teknologi dari sisi positifnya adalah pekerjaan jadi lebih efisien karena Mantappu Corp. pake Notion. Kalo dari sisi negatifnya, bikin team harus keep up to date dengan keadaan yang terjadi sekarang. 

Selain teknologi, gimana nih cara me-manage SDM yang udah ada di Mantappu Corp. agar perusahaan berjalan dengan lancar?

Pasti kamu penasaran banget nih sama jawaban dari pertanyaan yang satu ini. Jadi, kata Jehian selaku CEO Mantappu Corp, kita harus treat karyawan dengan baik. Karena mereka juga memiliki perasaan, karena mereka bisa sedih, seneng, galau, dan itu manusiawi. Sebagai contoh, waktu World Mental Health Day kemarin, Jehian ngasih day off kepada team Mantappu untuk rehat sejenak dari berbagai aktivitas di kantor. Jadi, intinya dari manage karyawan agar perusahaan berjalan dengan lancar adalah treat mereka as human being. 

Nah itu dia TeMantappu, informasi tentang strategi membangun startup versinya Jehian Sijabat selaku CEO Mantappu Corp. Penasaran dengan info-info menarik lainnya dari talent Mantappu? Pantengin terus website Mantappu ya! See yaaa~