Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Belajar untuk Peduli Lingkungan bersama dengan Jerhemy Owen, Mahasiswa Teknologi Lingkungan

August 9, 2023

by Adinda Aurel

|

Jerhemy Owen

Tidak dapat kita pungkiri bahwa pada zaman sekarang sebagian besar lingkungan terutama di Indonesia sudah mulai tercemar. Meskipun begitu, kita tetap harus terus peduli lingkungan dengan menerapkan hal-hal kecil setiap harinya. Seperti yang dilakukan oleh Jerhemy Owen, mahasiswa Teknologi Lingkungan untuk Energi Terbarukan di Avans University of Applied Sciences di Breda, Belanda.

Pria kelahiran 2002 yang disapa Owen ini memiliki tingkat kepedulian yang tinggi akan lingkungan. Bukan hanya sekedar peduli, namun Owen juga belajar mengenai sisi lain dari adanya teknologi lingkungan. Hal dasar yang bahkan tidak banyak orang ketahui bahwa tidak semua teknologi dapat asal untuk digunakan. Owen mengatakan bahwa setiap negara memiliki teknologinya masing-masing yang dapat disesuaikan kembali dengan lingkungan tersebut.

Apa yang dipelajari Owen selama berkuliah?

Sebagai mahasiswa teknologi Lingkungan, Owen juga belajar bahwa ketika ingin membangun sebuah bangunan kita juga harus memperhatikan struktur bangunan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari tercemarnya lingkungan yang diakibatkan dari struktur bangunan yang salah. Owen adalah salah satu dari banyak generasi muda yang dapat menjadi motivasi generasi muda sekarang untuk belajar peduli lingkungan. Se-sederhana membuang sampah di tempat sampah. Meskipun terdengar sepele, namun jika banyak orang yang menerapkan hal kecil ini, maka akan sangat berdampak positif bagi lingkungan. Owen juga memberikan edukasi kepada banyak orang termasuk followersnya bahwa kita tidak perlu takut untuk terjun ke dunia peduli lingkungan. Hal ini lantaran setiap organisasi atau kelompok peduli lingkungan memiliki CSR atau Corporate Social Responsibility. Sehingga, kita sebagai bagian dari kelompok tersebut dapat ikut belajar mengenai bagaimana dalam mengikuti kegiatan CSR yang bermanfaat bagi lingkungan.

Tidak hanya memberikan edukasi, Owen juga turut terjun ke lapangan. Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan Ciliwung Cleanup. Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Owen dengan World Cleanup Day Indonesia, ini sukses dan berhasil sesuai dengan harapan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat akan semakin aware dan peduli lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih, kita sebagai masyarakat dan makhluk hidup lainnya juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tercemar.


Source:
https://www.mantappu.com/2023/02/21/cinta-lingkungan-ala-jerhemy-owen-ciliwung-cleanup-tpst-bantargebang/
https://environmentindonesia.com/ayopedulilingkungandanmasyarakatlewatcsr/#:~:text=Kegiatan%20CSR%20lingkungan%20biasanya%20berupa,serta%20penggunaan%20kembali%20produk%2Dproduknya.