Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Memanfaatkan Teknologi dalam Dunia Bisnis versi Jehian

September 21, 2023

by Adinda Aurel

|

Jehian Panangian Sijabat

Penyerahan plakat pada event Tech Fest
Source: Dok. Mantappu

Hai TeMantappu! Kali ini, TeaMantappu akan bocorin apa aja sih yang dibahas bang Ian selama event Tech Fest kemarin. Penasaran gimana cara memanfaatkan teknologi dalam dunia bisnis? Simak artikelnya sampai habis ya!

Ngomongin soal bisnis, TeMantappu tau nggak sih tentang peluang bisnis di Indonesia?

Pada event Tech Fest kemarin, bang Ian berkata.. Di Indonesia cukup banyak, lho, peluang bisnis yang bisa digali lebih dalam. Terus, saat ini, kita semua tuh dihadapkan pada suatu kondisi dimana potensi atau peluang bisnis itu bisa aja diambil sama orang lain. Namun, kondisi ini juga bukan ancaman bagi bangsa Indonesia. Lho kenapa gitu? Karena ketika kamu bicara soal bisnis, even masih dalam bentuk raw ideas, sebenernya ada banyak cara kamu untuk penetrate the market. Tapi terkadang, kamu pasti stuck pada raw ideas itu sendiri, bener nggak TeMantappu? Nah kemudian, bisa aja deh raw ideas itu diambil dan dieksekusi sama orang lain. 

Jadi, sebenernya semua itu tergantung gimana kamu bisa mengolah raw ideas itu menjadi sebuah bisnis. Selanjutnya, dalam mengolah ide bisnis tersebut, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Makanya, teknologi itu erat kaitannya dalam dunia bisnis, nih TeMantappu!

BTW, kenapa teknologi ada kaitannya sama dunia bisnis?

Ketika kamu lagi mengelola bisnis, pastinya kamu akan gunain teknologi, kan? Nah, waktu lagi pake teknologi tersebut, secara nggak sadar, kamu tuh sebenernya lagi berebut attention-nya audience dan market. Dalam menarik attention audience dan market, disinilah peran teknologi dibutuhkan. Meskipun, kamu harus bersaing dengan para kompetitor lainnya. Eitss, tapi jangan risau dulu nih, TeMantappu. Meskipun harus bersaing dengan kompetitor lain, tapi kamu bisa lho, terapin sebuah pemikiran sederhana. Gimana tuh caranya? Kata bang Ian.. Usahakan kamu bisa nge-grab attention orang lain dalam 10 jam yang mereka spend untuk main smartphone. Dalam waktu 10 jam tersebut, bisa nggak kamu ambil attention mereka dalam waktu 5 menit? Nah, ini adalah salah satu contoh gimana teknologi dapat masuk ke our daily life

Ngomongin soal teknologi, sebenernya gimana sih perkembangan teknologi di Indonesia?

Sebenernya, perkembangan teknologi di Indonesia itu cukup besar. Terus, the rate of penetration-nya juga lumayan cepet. Jadi, sebenernya poin-poin penting ini bisa jadi alasan masyarakat Indonesia, khususnya kamu, untuk bisa ngikutin perkembangan teknologi. Contohnya gimana tuh, TeaMantappu? Contohnya adalah saat kamu meng-influence seseorang untuk membeli atau melakukan sesuatu melalui perantara teknologi. 

Nah, itu dia informasi tentang memanfaatkan teknologi dalam dunia bisnis khususnya di Indonesia versi Jehian. Mau dapet insight lainnya yang mindful? Tungguin terus artikel menarik lainnya di section News yaa, see yaa TeMantappu!