Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Jarak Antar Kanvas, Short Movie Karya Turah

October 19, 2023

by Adinda Aurel

|

Turah Parthayana

Source: Instagram @jerhemynemo

Hai hai TeMantappu! Apa kabarnya nih? Kali ini, TeaMantappu mau bagi-bagi info tentang short movie Turah yang berjudul Jarak Antar Kanvas. Kulik lebih dalam yuk sebenernya short movie ini tentang apa sih? Simak artikelnya sampe abis ya!

Jarak Antar Kanvas, Short Movie karya Turah Parthayana

Pria asal Bali yang kerap disapa bli Turah ini memang memiliki passion dalam bidang film nih. Maka dari itu, sampai dengan saat ini, Turah sudah membuat sebanyak 10 short movie/film termasuk Jarak Antar Kanvas. Ngomongin soal Jarak Antar Kanvas, TeMantappu udah pada nonton belum? Jadi, Jarak Antar Kanvas adalah film pendek ke 10 karya Turah yang bercerita mengenai kisah asmara 2 sejoli yaitu Kevin dan Elisa. Sepasang kekasih itu harus menjalani hubungan jarak jauh atau LDR. Namun, sayangnya hubungan tersebut sempat bermasalah lantaran Kevin memiliki hubungan lain dengan orang ketiga.

Apa sih inspirasi pembuatan film pendek ini?

Inspirasi pembuatan film pendek ini berasal dari hubungan asli antara Jerhemy Owen dengan Erika Richardo, dimana Kedua sejoli tersebut saat ini sedang menjalani hubungan LDR Belanda-Jakarta. Dari situlah, Turah memiliki inspirasi untuk membuat sebuah film pendek mengenai hubungan jarak jauh. Namun, agar pembuatan film lebih simple, Turah membuat jarak yang lebih dekat yaitu Jakarta-Bandung. 

Kenapa memilih Owen dan Erika sebagai cast Jarak Antar Kanvas?

Jadi, ketika membuat sebuah karya seperti film pendek ini, Turah lebih cenderung bekerja sama dengan teman yang sudah ia kenal sebelumnya. Apalagi, Owen juga memiliki keinginan untuk menjadi seorang aktor, dan Turah merealisasikannya dalam film pendek ini. Sama halnya dengan Erika yang tertarik dalam dunia akting. Dengan bersedianya Owen dan Erika, maka dari itu mereka terpilih menjadi pemeran utama dalam film pendek Jarak Antar Kanvas. 

Kenapa memilih judul Jarak Antar Kanvas?

Turah: “Jarak berhubungan LDR, Kanvas menunjukkan kisah pemeran utama yang memiliki pasangan yang suka melukis”.

Berapa lama proses pembuatan film Jarak Antar kanvas?

TeMantappu pasti penasaran berapa bulan sih pembuatan film pendek yang bagus dan seru ini. Jawabannya adalah 1,5 bulan, guys! Hal ini dikarenakan film Jarak Antar Kanvas melibatkan content creator yang pastinya memiliki kesibukkan masing-masing. Terutama Turah yang merangkap sebagai sutradara dan juga pemain, padahal aslinya ia juga seorang CEO dari Belinsky Studio. Jadi, prosesnya emang agak panjang nih, TeMantappu. Tapi, Turah berkata bahwa, sebenernya proses pembuatan film ini kemungkinan hanya 1 bulan dan sudah termasuk production sampai post production.

Pesan Turah dari film pendek Jarak Antar Kanvas

Turah: “Semoga terhibur dengan adanya short movie Jarak Antar Kanvas. Semoga kisah cerita antara Kevin & Elisa bisa menjadi pelajaran untuk teman-teman LDR agar bisa melewati masalah mereka dengan cara mereka masing-masing. Karena ketika kita memiliki hubungan jarak jauh, kita mulai memahami bahwa hubungan jarak jauh itu lebih sulit daripada hubungan jarak dekat. Hal ini, karena mungkin strugglenya ada pihak ketiga atau miskomunikasi dan lain lain. Intinya, kita belajar menjadi dewasa yang bisa mengerti satu sama lain, terutama ketika salah satu membuat kesalahan”.

Apa aja nih kendala dalam proses pembuatan film pendek ini?

Kendala dalam pembuatan film pendek ini adalah mengenai intonasi. Hal ini karena kedua pemain utama Jarak Antar Kanvas adalah seorang content creator TikTok yang terbiasa berbicara dengan cepat. Sedangkan, dalam film pendek ini menggunakan intonasi yang tidak terlalu cepat. Selain itu, kendala lainnya adalah ketika Turah harus tetap fokus, walaupun ia merangkap sebagai pemain sekaligus sutradara. 

Terus hal berkesannya apa nih, dalam pembuatan film pendek ini?

Bukan cuma kendala aja, tapi pastinya juga ada hal berkesan dalam pembuatan Jarak Antar Kanvas. Hal berkesannya adalah ketika semua pemain dan kru harus menginap bersama. Jadi, mereka dapat mengenal karakter satu sama lain lebih dekat.

Apakah akan ada series lanjutan atau diangkat menjadi sebuah film?

Turah berharap semoga Jarak Antar Kanvas kedepannya bisa jadi sebuah series atau film bersama dengan para cast creators lainnya.

Gimana nih TeMantappu, udah nggak penasaran lagi kan mengenai informasi dibalik film pendek Jarak Antar Kanvas? Buat kamu yang belum nonton Jarak Antar Kanvas, langsung klik di sini ya! See you di artikel lainnya~