Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Gaya Hidup Simple dengan Kartu Contactless 

September 22, 2023

by Adinda Aurel

|

Jehian Panangian Sijabat

Source: Dok. Mantappu

Hai TeMantappu! Artikel News hadir lagi nih, yeay. Kali ini, TeaMantappu mau bagi info tentang kartu contactless dari sudut pandang Jehian atau bang Ian. Udah penasaran sama isi artikelnya? Yuk, simak artikel ini sampe abis!

Kartu contactless, itu apa sih?

Kartu contactless adalah kartu debit/kredit yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran non sentuh alias tanpa kontak. Jadi, ketika kamu mau melakukan pembayaran, kamu hanya perlu menempelkan kartu contactless kamu di mesin yang disediakan. Eits, tapi perlu diingat yaa, kartu contactless bisa digunakan asal mesin ATM tersebut memiliki simbol kayak gini .

Meskipun sebenernya kartu contactless udah lama digunakan di Indonesia, tapi bang Ian baru terbiasa menggunakan fitur ini saat pandemi. Di mana saat pandemi, pemerintah mengarahkan masyarakat untuk bertransaksi secara cashless. Ketika ada perubahan, pastinya seorang entrepreneur kayak bang Ian, harus dituntut untuk ikutin perubahan itu. Tapi, semua itu pastinya juga butuh proses ya guys, gak instan, hehe. 

Wah, makin mudah ya hidup kita dengan adanya fitur contactless?

Pastinya dong! Apalagi buat kamu yang sering pergi ke luar negeri, TeMantappu jamin hidup kamu bakal semakin mudah. Sama halnya dengan Jehian waktu pergi ke Singapore, nih TeMantappu.

Jehian: “Jadi biasanya kalo ke luar negeri kayak Singapore, aku pasti beli kartu elektronik untuk pembayaran MRT dan transportasi umum lainnya. Terus, ada suatu momen dimana kartu aku hilang dan posisinya aku udah ada di dalam bus. Di SIngapore kan apa-apa serba cepet ya. Jadi waktu itu aku disuruh cepet tap-in sama drivernya, aku keluarin semua kartu yang aku punya. Kemudian driver bus itu ngeliat kartu VISA yang aku punya. Terus kata dia “use that card, just pay wave your card” terus aku ikutin dan tap-in, ternyata bisa, lho. Itu adalah pengalaman pertama aku coba fitur contactless. Semenjak itu, aku jadi meng-influence temen-temen yang mau ke Singapore untuk pake fitur contactless aja biar simple”

Tapi sebenernya aman nggak sih, pake fitur ini?

Pastinya ada beberapa kekhawatiran pake fitur contactless. Tapi menurut bang Ian.. Nowadays, sistem yang dipakai di Indonesia sangat support dalam sisi security. Apalagi saat ini ada banyak yang jual dompet RFID atau Radio Frequency Identification. Jadi, semua kartu milik kamu termasuk kartu contactless sekalipun akan aman apabila berada di dalam dompet RFID.

Kalo kamu tim cash atau cashless nih, TeMantappu?