Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Financial Planning Generasi Muda di Era Digital

October 4, 2023

by Adinda Aurel

|

Jehian Panangian Sijabat

Source: Dok. Mantappu

Hai hai TeMantappu! Kali ini, TeaMantappu mau kasih informasi yang bersifat edukatif berdasarkan sharing bang Jehian di BEM UI Trilogy 2023. Udah penasaran belum, TeaMantappu mau bahas apa? (hihi, padahal dari judul udah ketauan) langsung aja simak artikelnya yuk!

Cepatnya penetrasi internet di Indonesia

Untuk melihat bahwa apakah penetrasi internet di Indonesia itu cepat atau nggak, kamu bisa melihat contoh yang udah ada. Contohnya, seperti masyarakat Indonesia yang mulai menggunakan HP dan menggunakan internet untuk membuka media sosial. Jadi, untuk melihat penetrasi internet di Indonesia itu bukan hanya seputar kamu tau apa itu internet, tapi ketika kamu udah bisa menggunakan internet secara menyeluruh. Kalo kata bang Ian..  using social media itu bukan hanya tentang download social medianya. Tapi, using social media itu tentang applying social skills on digital things, which is social media di hp. 

Gen Z era digital dan finansial saling berkaitan? 

Did you know guys, jika kamu perhatikan lingkungan sekitar, saat ini era digital dengan gen Z itu cukup berkaitan, lho. Apalagi jika kamu kerja di bidang media sosial, cukup banyak pasti fenomena yang terjadi. Contohnya seperti yang dikatakan bang Ian, bahwa dulu kalo kamu mau buka bisnis, pasti pertanyaannya adalah mau pake cara konvensional atau modern? As you know guys, cara konvensional adalah ketika kamu masih main di media seperti TV, Koran, atau bahkan radio. Sedangkan cara modern adalah ketika kamu udah mulai gunain media sosial. Tapi, pertanyaan itu sebenernya adalah versi 10 tahun yang lalu alias udah basi, huhu.

Jadi, sekarang pertanyaannya adalah udah sampe tahap mana skills kamu match dengan feature dari media sosial itu. Fitur-fitur yang ada pada media sosial saat ini memaksa kamu untuk mempelajari fitur tersebut. Tanpa kamu sadari, perilaku ini membuat kamu jadi punya karakteristik baru dengan mendorong kamu menjadi impulsive terutama dalam menggunakan fitur baru tersebut. Pembahasan ini sebenernya masuk ke dalam sektor finansial, lho. Karena hal ini, kamu berubah menjadi orang impulsive. Contohnya kayak buka media sosial, sebenernya kamu cuma sekedar mau buka aja, tapi nyatanya kamu malah melakukan transaksi, xixi. 

Terus, gimana sih cara gen Z mengelola financial di era digital ini?

Jadi, guys, simplenya adalah kamu bisa terapin pemahaman bermedia sosial dalam hal financial. Gimana cara tuh? Pada era digital saat ini pasti kamu tau banyak dong tentang investasi digital, salah satunya reksadana. Tapi, perlu kamu ingat ya, sebelum menggunakan sesuatu yang berkaitan dengan finansial, kamu perlu belajar memahami dulu. Make sure bahwa kamu harus punya the proper financial literation dulu untuk menggunakan itu. Tujuannya adalah agar kamu tau apa aja terms and risks hal yang berkaitan dengan finansial. 

Nah, jadi itu dia pembahasan mengenai keterikatan antara gen Z, era digital dan financial. Mau dapet informasi bermanfaat lainnya? Jangan lupa untuk pantau terus News Mantappu ya! See yaa~