Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Belajar Growth Mindset dari Rumus Matematika

September 2, 2023

by Adinda Aurel

|

Jerome Polin Sijabat

Source: Dok. Mantappu

Konnijiwa Minasan! Kali ini, TeaMantappu akan bahas matematika, nih. Tapi tenang aja, TeaMantappu nggak akan kasih soal matematika kok, haha. Di sini, TeaMantappu mau sharing nih, beberapa hal yang bisa bikin kamu merasa matematika itu menyenangkan. Berdasarkan data dari Katadata, siswa yang menyukai matematika hanya sekitar 21,6%, dan sisanya 78,4% nggak menyukai matematika, huhu. Ternyata nggak sampai 50% nih yang suka~ Oke, gapapa, dengan adanya artikel ini semoga bisa ngebantu kamu untuk bisa melihat matematika dari sisi lain. Langsung simak artikelnya sampe abis ya!

Bagi Jerome, soal matematika yang berkaitan dengan rumus itu menyenangkan, lho! Kok gitu? Yup, semua ini berawal sejak Jerome beranjak SD. Jerome merasa senang ketika bisa menyelesaikan soal matematika. Baginya, berhasil memecahkan persoalan itu menyenangkan! 

Apa sih guna-nya belajar Matematika?

Did you know, saat mempelajari sesuatu seperti matematika, kamu bukan hanya berfokus pada hasil jawaban dari soal? Namun, poin pentingnya adalah gimana kamu menjalani proses dalam mencari jawaban tersebut. Kesimpulannya, bukan cuma ilmunya aja yang kamu pake dan gunain dalam kehidupan. Tapi, gimana proses kamu dapetin ilmu tersebut, yang kemudian bisa kamu gunain dalam kehidupan sehari-hari. 

Lalu, apa aja, sih, yang bisa diterapin di kehidupan sehari-hari dari Matematika?

TeMantappu tahu nggak sih, apa yang dirasakan Jerome waktu ngerjain soal matematika? Ketika ngerjain soal matematika, bagi Jerome itu sama aja kayak lagi jalanin sebuah challenge. Setiap soal yang dikerjakan, bisa atau nggak bisa, kamu harus menemukan jawaban dari soal tersebut. Nah, sama halnya dengan kehidupan nih, TeMantappu. Hadapi semua permasalahan seperti challenge yang harus dilalui, ya! Kata Jerome… dengan belajar matematika, mental kamu akan dilatih untuk nggak boleh menyerah. Walaupun terkadang, waktu ngerjain soal ada aja cara instan supaya kamu bisa dapetin jawaban yang benar. Eitss, tapi sayangnya cara instan ini nggak berlaku bagi Jerome nih, TeMantappu. Kalo pake cara instan, challenge-nya kurang berasa pasti, hehe. 

Matematika itu, mengajarkan kamu untuk menjadi kreatif. Pada saat belajar matematika, kamu belajar untuk mendapatkan jawaban dengan menggunakan banyak cara.  Hal ini bisa diterapkan saat kamu menghadapi permasalahan hidup, lho! Soalnya, terkadang kamu perlu kreatif untuk memecahkan permasalahan yang kamu hadapi, hehe. 

Jadi, kesimpulan dari penerapan rumus matematika dalam kehidupan adalah:

  1. Melatih mental untuk handle pressure

Waktu ngerjain matematika, mungkin kamu suka ngerasa challenging untuk dapetin jawaban yang benar. Nah, di sinilah kamu dilatih untuk menjadi lebih sabar, TeMantappu! 

  1. Belajar untuk mengidentifikasi masalah

Selain dilatih supaya sabar, matematika juga bisa bantu kamu untuk belajar identifikasi masalah. Poin kedua ini bisa ngebantu kamu untuk cari jalan keluar atas permasalahan kamu, lho!

  1. Menumbuhkan growth mindset

For your information, sebenernya matematika dan semua bidang lain itu ngajarin kamu untuk ngerti apa itu proses. Gimana proses untuk dapetin jawaban dari soal yang kamu kerjakan. Kalo kata bang Jer, ini disebut dengan Growth Mindset. Jadi, dari proses tersebut kamu belajar agar harus lebih baik dari masa lalu, masa kini dan akan lebih baik di masa depan.

Source:

Dok. Mantappu Corp.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/23/olahraga-jadi-pelajaran-paling-disukai-anak-di-sekolah