Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Pengalaman Farhan Internship di RS Tentara

September 21, 2023

by Adinda Aurel

Setelah menamatkan pendidikan kedokterannya selama 5,5 tahun, selanjutnya Farhan mulai menjalani masa internshipnya di sebuah rumah sakit. Mulai pertengahan Agustus 2023 sampai dengan Februari 2024, Farhan akan menjalani internshipnya di salah satu RS TNI AD di daerah Jakarta Timur.  Seperti apa sih proses mendapatkan internship di RS TNI AD? Yuk simak hasil wawancara eksklusif TeaMantappu dengan Farhan dalam artikel berikut ini!

Gimana, sih, cara Farhan dapetin internship di RS TNI AD?

Pendaftaran magang tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, nih TeMantappu. Saat mendaftar magang, langkah pertama yang harus ia jalani adalah melakukan tes penempatan. Jadi, ada beberapa tahap penempatan yang tersedia, yaitu tahap lokal, regional, dan nasional. Sedangkan, di tahun sebelumnya, para calon pemagang dapat memilih lokasi magang berdasarkan kecepatan mendaftar. Namun sayangnya, saat ini sistem tersebut sudah nggak berlaku. Saat ini, penentuan lokasi magang ditentukan dan direkomendasikan dari sistem sesuai dengan indikator tertentu. 

Oh gitu, nah kalau di RS TNI AD, harus punya basic militer kah?

Harus dong… Sehubungan dengan diterimanya Farhan di RS TNI AD, maka Farhan harus memiliki pengetahuan mengenai dasar ilmu militer. Dasar ilmu militer yang diperlukan seperti mengetahui pangkat tentara, istilah militer sampai sistem administrasi tertentu. Farhan juga harus mempelajari lebih lanjut mengenai penyakit-penyakit yang sering dialami oleh para tentara, lho!. 

Wah, berarti unik juga, ya, magang di sana?

Bisa dibilang begitu, TeMantappu! Kata Farhan.. suasana RS akan langsung  berhubungan dengan dunia dan budaya militer. Farhan juga dapat melihat gimana proses latihan dasar kepemimpinan dan bela negara. Wow, menarik banget ya?!

Lalu, apa sih tantangan dalam menjalani internship ini? 

Tantangan yang muncul dalam internship ini adalah Farhan harus mempelajari gimana memanfaatkan fasillitas RS yang terbatas. Bukan hanya itu aja, Farhan juga perlu mempelajari hal baru, contohnya kayak belajar tentang penyakit-penyakit apa aja yang terjadi pada tentara. Kalo kamu mau juga, bisa banget loh kepoin konten-konten nya Farhan di Instagram atau TikTok-nya. 

Itu dia hasil wawancara TeaMantappu dengan Farhan terkait proses internshipnya di RS TNI AD. Seru banget ya, jalanin internship di RS Tentara! Penasaran dengan kegiatan Farhan lainnya?  Langsung aja kepoin Instagram dan TikTok Farhan dan tungguin terus ya update artikel tentang Farhan lainnya!

Source:
Mantappu.

Recent Posts

Erika lulus dari universitas di Jepang

Erika Ebisawa Wisuda di Jepang, Tampil Beda Memakai Hakama

Erika Ebisawa berhasil melangsungkan wisuda pada tanggal 22 Maret 2024 lalu. Ia telah menyelesaikan pendidikan S1 di Tokyo University of Foreign Language. Di tengah atmosfer haru berkat kehadiran orang tua dan banyak teman karibnya, yuk, kita simak keseruan wisuda Erika! Kira-kira apa saja, ya, perbedaan wisuda di Indonesia dan di Jepang?

Waseda Boys di India

Waseda Boys dan Perjalanan Penuh Culture Shock di India

India sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial karena banyak orang mempertanyakan keamanan wisatawan yang melakukan travelling di sana usai insiden-insiden kurang menyenangkan yang terjadi di negara tempat Taj Mahal tersebut. Tapi tahu nggak kalau India menjadi salah satu destinasi dalam World Trip Waseda Boys, lho. Yuk, ikuti petualangan Jerome, Tomohiro, Otsuka, dan Yusuke saat menjelajahi India!

Alexander Matthew

Cap Lang Bukan Produk Indonesia? Simak Penjelasan Alexander Matthew

Siapa yang menyangka minyak angin Cap Lang, yang telah menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan sehari-hari, ternyata adalah produk buatan Jerman? Inilah yang membuat Alexander Matthew, seorang mahasiswa Teknik Informatika di Fachhochschule Aachen, Jerman, tertarik untuk menjelajahi keberadaan minyak tersebut di negeri tempatnya menimba ilmu. Yuk, kita simak!