Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Pengalaman Farhan Internship di RS Tentara

September 21, 2023

by Adinda Aurel

Setelah menamatkan pendidikan kedokterannya selama 5,5 tahun, selanjutnya Farhan mulai menjalani masa internshipnya di sebuah rumah sakit. Mulai pertengahan Agustus 2023 sampai dengan Februari 2024, Farhan akan menjalani internshipnya di salah satu RS TNI AD di daerah Jakarta Timur.  Seperti apa sih proses mendapatkan internship di RS TNI AD? Yuk simak hasil wawancara eksklusif TeaMantappu dengan Farhan dalam artikel berikut ini!

Gimana, sih, cara Farhan dapetin internship di RS TNI AD?

Pendaftaran magang tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, nih TeMantappu. Saat mendaftar magang, langkah pertama yang harus ia jalani adalah melakukan tes penempatan. Jadi, ada beberapa tahap penempatan yang tersedia, yaitu tahap lokal, regional, dan nasional. Sedangkan, di tahun sebelumnya, para calon pemagang dapat memilih lokasi magang berdasarkan kecepatan mendaftar. Namun sayangnya, saat ini sistem tersebut sudah nggak berlaku. Saat ini, penentuan lokasi magang ditentukan dan direkomendasikan dari sistem sesuai dengan indikator tertentu. 

Oh gitu, nah kalau di RS TNI AD, harus punya basic militer kah?

Harus dong… Sehubungan dengan diterimanya Farhan di RS TNI AD, maka Farhan harus memiliki pengetahuan mengenai dasar ilmu militer. Dasar ilmu militer yang diperlukan seperti mengetahui pangkat tentara, istilah militer sampai sistem administrasi tertentu. Farhan juga harus mempelajari lebih lanjut mengenai penyakit-penyakit yang sering dialami oleh para tentara, lho!. 

Wah, berarti unik juga, ya, magang di sana?

Bisa dibilang begitu, TeMantappu! Kata Farhan.. suasana RS akan langsung  berhubungan dengan dunia dan budaya militer. Farhan juga dapat melihat gimana proses latihan dasar kepemimpinan dan bela negara. Wow, menarik banget ya?!

Lalu, apa sih tantangan dalam menjalani internship ini? 

Tantangan yang muncul dalam internship ini adalah Farhan harus mempelajari gimana memanfaatkan fasillitas RS yang terbatas. Bukan hanya itu aja, Farhan juga perlu mempelajari hal baru, contohnya kayak belajar tentang penyakit-penyakit apa aja yang terjadi pada tentara. Kalo kamu mau juga, bisa banget loh kepoin konten-konten nya Farhan di Instagram atau TikTok-nya. 

Itu dia hasil wawancara TeaMantappu dengan Farhan terkait proses internshipnya di RS TNI AD. Seru banget ya, jalanin internship di RS Tentara! Penasaran dengan kegiatan Farhan lainnya?  Langsung aja kepoin Instagram dan TikTok Farhan dan tungguin terus ya update artikel tentang Farhan lainnya!

Source:
Mantappu.

Recent Posts

Alexander-Matthew-di-Jerman

CCTV dan AC Lumrah di Indonesia, tapi Jarang Ada di Jerman?

Matthew dalam kontennya memang sering membahas berbagai aspek terkait Jerman dari A-Z. Kali ini, ia menyoroti hal-hal yang umum dijumpai di Indonesia, tetapi langka atau bisa disebut barang yang nggak biasa di Jerman. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak!

Jerhemy-Owen-di-Pembangkit-Listrik-Tenaga-Surya-Terapung-terbesar-di-ASEAN

Gaji Tukang Sampah di Belanda Mencapai Dua Digit?

Jerhemy Owen sering mengulas berbagai aspek kehidupan di Belanda, mulai dari kebudayaan, warisan sejarah, hingga lingkungan di sana. Kali ini, Owen membawa kita menelusuri sudut pekerjaan yang mungkin jarang dibahas, yaitu profesi tukang sampah. Kira-kira berapa, sih, gaji tukang sampah di Belanda? Yuk, kita bahas bareng Owen!

Dokter Ekida Rehan

Dokter Ekida: Bahaya Cuci Hidung dengan Air Keran

Beberapa waktu belakangan, sempat ramai fenomena cuci hidung karena banyaknya kasus pilek yang sedang merebak. Namun, di tengah maraknya praktik tersebut, beberapa orang tergoda mencoba mencuci hidung dengan menggunakan air keran dan selang. Pertanyaannya: apakah praktik ini diperbolehkan atau bahkan aman dilakukan? Yuk, kita telusuri penjelasan lebih lanjut dari Dokter Ekida!