Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

4 Tips Membangun Bisnis dari Jehian Sijabat

August 22, 2023

by Adinda Aurel

|

Jehian Panangian Sijabat

Ketika kita ingin membangun bisnis, tentu terdapat beberapa strategi yang bisa kita lakukan agar bisnis yang kita bangun menjadi tumbuh dan berkembang pesat. Hal ini turut disampaikan oleh Jehian Panangian Sijabat dalam event SME Fest di SMESCO pada tanggal 12 Agustus 2023 lalu. Pada event ini, Jehian membagikan bagaimana membangun sebuah bisnis dari zero point.

Jehian berpendapat bahwa kita semua sebenarnya tidak memulai dari zero point, karena setiap orang memiliki privilege yang berbeda-beda. Ada banyak variabel yang membuat kita tidak mulai dari 0. Semua orang yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis, pasti akan mulai dari 0 pengalaman. Pengalaman pertama inilah yang biasanya dimaksud dengan memulai bisnis dari zero point

Lebih lanjut, Jehian juga mengatakan bahwa menjadi seorang entrepreneurs harus berani menghadapi semua segala risiko yang terjadi di masa depan. Bukan hanya seputar risiko finansial, namun terdapat risiko lain contohnya seperti relationship risk atau energy risk. Ketika kita memulai suatu bisnis, kita harus berkomitmen secara penuh ketika ingin membangun bisnis. Bukan hanya untuk 1-2 bulan, namun berkomitmen dalam jangka waktu panjang seperti 1-2 tahun. 

Menjadi seorang entrepreneurs berarti diibaratkan sebagai seeking opportunities dan thinking risk. Entrepreneurs harus pintar dalam mencari peluang untuk menjalankan bisnisnya agar berkembang dengan pesat meskipun di depannya terdapat banyak risiko yang harus dihadapi. Untuk itu, pada event ini, Jehian selaku CEO Mantappu Corp menjelaskan 4 poin penting yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis. 

1. The Founders Foundation

Maksud dari The Founders Foundation adalah bagaimana kamu memandang dirimu sebagai seorang entrepreneurs. Lebih lanjut, Jehian juga menjelaskan bahwa dapatkah kita melihat diri kita sendiri dalam 4-5 tahun ke depan sebagai entrepreneurs yang membangun bisnis dan menjalankannya ini. Hal ini sangat penting untuk ditekankan, karena pada saat ini kebanyakan orang memulai usaha terlebih dahulu. Padahal, pada saat itu bahkan kita tidak bisa melihat diri kita sebagai entrepreneurs. 

2. Business Ideation

Poin selanjutnya yang dibahas oleh Jehian pada event SME Digital fest adalah Business Ideation. Berbicara mengenai ide bisnis, di Indonesia sendiri biasanya kita sering menemukan pekerja yang menyebut dirinya dengan beberapa macam nama mulai dari pengusaha, wiraswasta, pegawai. Padahal, sebenarnya mereka semua adalah entrepreneurs meskipun bekerja dengan orang lain. Pada poin ini, pria yang kerap disapa bang Ian ini juga memberikan contoh nyata dari sebuah kasus Google. Tahukah kalian bahwa sebenarnya Gmail itu dibuat oleh seseorang yang ingin membuat sesuatu namun tidak bisa mewujudkan keinginan tersebut. Kemudian, seseorang tersebut pada akhirnya bekerja sama dengan Google dan memberikan ide bisnis ini. Maka sejak saat itu jadilah Gmail yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk mengirim file dan pesan. Jadi, ide bisnis ini tidak hanya muncul apabila kita memiliki sebuah bisnis, melainkan apabila kita bekerjasama dengan orang lain, kita juga dapat menjadi seorang entrepreneurs. 

3. Research & Validation

Poin selanjutnya yang dipaparkan oleh Jehian sebagai salah satu poin ketika membangun bisnis adalah Research dan Validation. Maksud dari research di sini adalah apa yang akan kita lakukan ketika menjadi seorang entrepreneurship. Kemudian produk apa yang akan kita buat. Setelah semua informasi telah disusun, maka selanjutnya adalah memvalidasi ide-ide tersebut. 

4. Product Design

Last but not least, terdapat Product Design yang erat kaitannya dengan innovation. Kita bisa mulai mencari tahu apa jenis inovasi yang akan kita bawa pada bisnis ini. Banyak orang bertanya mengapa kita harus melakukan inovasi? Hal ini lantaran inovasi berkaitan dengan produk. Sebuah mindset yang akan memunculkan banyak pertanyaan salah satunya adalah kenapa produk tersebut harus dibeli? Apa value yang akan didapatkan ketika ingin membeli produk tersebut. Ini semua bisa kita dapatkan dengan mendiskusikan product design

Itu dia sedikit penjelasan mengenai tips membangun bisnis dari 0 versi Jehian Panangian Sijabat. Untuk mendapatkan summary dari event talent-talent lainnya, jangan lupa untuk pantau News Mantappu ya!

Source:
Mantappu