Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Arti Peduli Lingkungan Menurut Jerhemy Owen

September 6, 2023

by Adinda Aurel

|

Jerhemy Owen

Owen saat menjadi relawan di event World Clean Up Indonesia.
Source: Instagram @jerhemynemo

Lingkungan adalah salah satu aspek paling penting dalam kehidupan kita. Dari udara yang kita hirup hingga air yang kita minum, semua bergantung pada keberlanjutan dan kesehatan lingkungan kita. Oleh karena itu, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan adalah suatu kewajiban yang harus dipegang oleh setiap individu, terutama pada generasi muda zaman sekarang. 

Lalu, apa sih arti peduli lingkungan menurut Owen?

Sebagai mahasiswa Teknologi Lingkungan,  Owen berpendapat bahwa definisi dari peduli lingkungan adalah bagaimana cara kita memikirkan lingkungan agar tetap terjaga dengan baik.  Semua aktivitas dan perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari tentu memiliki dampak pada lingkungan. Untuk itu, kita sebagai manusia harus melakukan kegiatan atau aktivitas yang memberikan pengaruh positif bagi lingkungan. 

Hal ini turut disampaikan oleh Owen, bahwa sebenarnya permasalahan mengenai lingkungan terutama di Indonesia masih cukup banyak yang belum terselesaikan. Owen juga berpendapat, saat ini pemerintah dan masyarakat Indonesia memiliki tingkat peduli lingkungan yang tinggi namun belum menemukan cara yang tepat untuk melakukannya. Oleh karena itu, Owen berpendapat bahwa kita semua bisa memulainya dengan memikirkan solusi atas permasalahan yang ada. 

Bagaimana cara berkontrbusi untuk peduli lingkungan?

Adapun contoh permasalahan lingkungan di Indonesia yang cukup serius seperti polusi, sampah dan juga banjir. Meskipun tidak dapat menghapus bersih permasalahan tersebut, tetapi setidaknya permasalahan lingkungan tersebut dapat berkurang seiring berjalannya waktu.  Sehingga, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan seperti tidak membuat sampah sembarangan, membawa botol minum sendiri, tidak menggunakan alat makan dan minum dari bahan plastik, menanam pohon, dan mengurangi penggunaan listrik yang tidak digunakan.

Bukan hanya asal berbicara, pria yang memiliki nama lengkap Jerhemy Owen ini turut memberikan kontribusinya kepada Indonesia. Salah satunya adalah turut serta dalam event cleaning up bersama dengan World Clean Up Day Indonesia. Acara yang diselenggarakan dalam rangka HUT RI ke-78 ini diselenggarakan untuk membantu membersihkan lingkungan di 38 provinsi di Indonesia. Owen bersama dengan talent Mantappu seperti Jehian, Jerome, Turah dan Matthew turut serta dalam membersihkan sungai Ciliwung pada tanggal 12 Agustus 2023 lalu.

TeaMantappu bersama dengan relawan lainnya.
Sumber: Instagram @jerhemynemo

Sebagai mahasiswa Teknologi Lingkungan yang peduli terhadap lingkungan, pastinya event ini bukanlah yang pertama kalinya diikuti oleh Owen. Owen mengatakan bahwa dengan adanya eventevent cleaning up seperti ini, banyak masyarakat sampai content creator yang mulai aware dengan permasalahan lingkungan. Bahkan, pemerintah juga mulai peduli akan lingkungan dengan adanya kebijakan yang harus mengutamakan lingkungan. 

Dengan banyaknya event cleaning up ini, Owen berharap generasi muda saat ini akan mulai mengikuti jejaknya untuk peduli lingkungan. Adapun cara yang bisa Owen lakukan saat ini adalah berkomunikasi dengan followersnya melalui media sosial miliknya. Owen berpendapat bahwa semua dapat dimulai dari nol. Dirinya pun mulai belajar untuk peduli terhadap lingkungan benar-benar dari nol. Owen berharap, dengan dirinya memberikan banyak informasi mengenai lingkungan, akan semakin banyak generasi muda sekarang yang termotivasi untuk menjaga lingkungan. 

Apa pesan Owen pada generasi muda saat ini?

Manusia, lingkungan dan ekonomi adalah 3 aspek yang cukup erat hubungannya satu sama lain. Jika kita hanya peduli pada satu aspek saja, maka salah satu aspeknya akan turun dan menjadi tidak berimbang. Jadi, sebagai manusia yang hidup dengan memanfaatkan lingkungan, kita harus memastikan bahwa semuanya harus seimbang. Sesimple menjual suatu barang tanpa memikirkan waste manajemen, maka akan ada dampak negatif yang ditimbulkan seperti menumpuknya sampah yang dapat mengganggu aktivitas bahkan lingkungan. Dari adanya sampah yang menumpuk, lalu terjadilah pembakaran sampah yang menyebabkan polusi udara. Semua saling terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, ketiga aspek tersebut harus selalu berimbang. Segala sesuatu yang kita lakukan apabila berhubungan dengan lingkungan harus dipikirkan dengan baik agar tidak merusak lingkungan. 

Source:
Mantappu