Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Memperingati Bulan Bahasa dengan Yusuke

October 6, 2023

by Adinda Aurel

|

Yusuke Sakazaki(坂崎友亮)

Source: Instagram @skzk_yusuke

Hai Minasan Konnichiwa! Sebelum masuk ke isi artikel, TeaMantappu mau tanya nih, kira-kira kamu tau nggak ya, bulan Oktober itu diperingati sebagai bulan apa? Yes betul, diperingati sebagai Bulan Bahasa. Untuk memperingati Bulan Bahasa, kali ini talent Mantappu yang paling kece dari Jepang akan podcast bareng KEMLU nih. Kamu tau nggak siapa yang akan diundang oleh KEMLU? (xixixi padahal dari judul artikel udah ketebak yah 😀). Jadi, Yusuke telah diundang oleh KEMLU atau Kementerian Luar Negeri untuk ngobrol bareng mengenai Bulan Bahasa. Udah penasaran belum mereka mau bahas apa? Simak artikel berikut sampe abis yuk!

Bulan Bahasa itu apa sih?

Jadi guys, sebenernya Bulan Bahasa itu adalah sebuah rasa hormat dan cinta kita terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia.  Bulan ini, biasanya diperingati setiap tanggal 28 Oktober yang bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda. Sebagai perayaan pada tahun ini, KEMLU mengajak Yusuke sebagai perwakilan dari Jepang yang sedang belajar Bahasa Indonesia untuk ngobrol bareng mengenai Bahasa Indonesia.

Yusuke belajar Bahasa Indonesia?

Walaupun berkebangsaan Jepang, tetapi Yusuke memiliki kecintaan terhadap Indonesia nih, guys! Awalnya, Yusuke belajar Bahasa Indonesia karena mau buat sebuah konten dengan orang Indonesia. Karena saat itu dirinya masih menjadi mahasiswa Waseda University, jadi Yusuke dapat mengambil kelas Bahasa Indonesia. Yusuke telah menghabiskan waktu 2,5 tahun untuk bisa belajar Bahasa Indonesia, lho, Keren ya! 

Membuat channel Youtube sendiri

Meskipun telah belajar Bahasa Indonesia selama di Jepang, namun Yusuke tetap merasa kesulitan berbicara ketika di Indonesia. Agar ia dapat lancar berkomunikasi dengan banyak orang Indonesia, maka pada akhirnya Yusuke putusin untuk membuat channel Youtube-nya, nih TeMantappu. Di channel Youtube-nya tersebut, dia banyak buat konten Bahasa Indonesia, lho. Kamu udah nonton yang mana aja nih? 😀

Apa motivasi Yusuke belajar Bahasa Indonesia?

Jawabannya karena Yusuke suka komunikasi dengan banyak orang. Jadi, waktu Yusuke ketemu sama orang Indonesia, Yusuke mau banget ngobrol bareng orang itu. Tapi sayangnya Yusuke kesulitan untuk berbicara Bahasa Indonesia, huhu.

Gimana tanggapan Yusuke tentang Bulan Bahasa?

Karena di Jepang itu nggak ada bulan peringatan seperti ini, makanya Yusuke sangat excited nih, TeMantappu, untuk memperingati Bulan Bahasa di Indonesia. Menurut Yusuke, dengan adanya Bulan Bahasa, maka untuk orang-orang seperti dirinya yang sedang belajar Bahasa Indonesia akan terpacu untuk menjadi semangat. 

Ada nggak tips & tricks belajar Bahasa Indonesia ala Yusuke?

Pastinya ada dong! Pertama, jangan pernah give up, guys. Kedua, coba lingkungan baru yang mendukung. Contohnya seperti ikut community Indonesia di Jepang, atau berkunjung ke Indonesia. Terakhir, harus nyesel. Yusuke merasa nyesel karena pada saat itu dia udah belajar tapi untuk prakteknya alias ngobrol masih belum bisa. Akhirnya dari nyesel jadi termotivasi untuk lebih semangat belajar. 

Nah itu dia sharing-sharing singkat Yusuke dengan KEMLU dalam rangka memperingati Bulan Bahasa di bulan Oktober ini. Semoga setiap tahunnya kita tetap bisa merayakan Bulan Bahasa ya, TeMantappu! See you, di artikel berikutnya!

Source:
https://www.kompasiana.com/yongmara1/59d724b0ad948c09d1165a72/apa-itu-bulan-bahasa
https://www.youtube.com/watch?v=ex_rUAP9rpo&pp=ygUMeXVzdWtlIGtlbWx1