Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Makanan Khas Korea Selatan versi Jang Hansol

November 1, 2023

by Adinda Aurel

Annyeong chingudeul! Di artikel kali ini, TeaMantappu mau bahas tentang makanan khas Korea Selatan versi Jang Hansol, nih. Pasti banyak banget dari TeMantappu yang suka banget sama makanan Korea Selatan, iya kan? Penasaran nggak sih apa aja makanan rekomendasi Jang Hansol? TeaMantappu udah rangkum semuanya dalam artikel ini, simak sampe abis yuk!

Makanan khas Korea Selatan yang wajib dicoba ketika berlibur ke Korea Selatan

Wisata kuliner adalah salah satu list yang wajib dilakuin ketika kamu berlibur ke Korea Selatan. Eitss, tapi kamu tau nggak, apa aja sih sebenernya makanan yang wajib dicoba ketika berlibur ke Korea? Nah Hansol membagi 2 rekomendasi nih TeMantappu. Untuk teman-teman Muslim, Hansol merekomendasikan untuk mencoba GalbiJjim (갈비찜) yang berbahan dasar tulang iga. Usut punya usut, katanya, makanan ini biasanya sering disajikan di hari-hari spesial dari jaman dulu, lho!

Source: Korean Bapsang

Terus rekomendasi makanan kedua khusus teman-teman non-Muslim, Hansol merekomendasikan Bossam (보쌈) yang berbahan dasar daging babi. Saat dimasak, Bossam direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga dagingnya super lembut. Biasanya sebagai tambahan, Bossam dimakan bersama dengan sayur-sayuran.

Source: Korean Bopsang

Makanan yang wajib dicoba paling nggak seumur hidup

Emang ada makanan Korea Selatan yang wajib dicoba sekali seumur hidup? Ada dong! Menurut Hansol, kamu harus coba SanNakji (산낙지) paling nggak sekali seumur hidup. SanNakji merupakan sajian makanan berupa gurita kecil yang masih hidup. Sensasi waktu makan ini emang nggak bisa dilupain banget nih, rek!

Source: Youtube @koreareomit

Dessert khas Korea Selatan

Kata Hansol, kalo kamu lagi pergi ke Korea Selatan, jangan lupa untuk coba Bingsoo yang bisa ditemukan di berbagai cafe di Korea. Berbeda dengan yang sering ada di indonesia, salju pada Bingsoo di Korea murni terbuat dari susu lho, dan bukan dari es batu yang diserut. 

Source: Maangchi

Makanan populer saat ini di Korea Selatan

Kalo di Indonesia lagi populer dengan adanya burnt cheesecake, di Korea lagi populer dengan adanya Tanghulu. Tanghulu merupakan dessert yang bahan dasarnya paling banyak buah-buahan yang ditusuk sate kemudian dilumuri dengan sirup gula. Kata mas Yutub, dessert ini paling banyak digemari masyarakat Korea mulai dari anak SD sampai dengan usia 20-an.

Source: The Korea Times

Namun, meskipun Tanghulu memiliki penggemar yang cukup banyak, sayangnya banyak dokter yang tidak menyarankan nih. Kenapa gitu? Karena kandungan gula dalam Tanghulu cukup banyak dan nggak sesuai dengan asupan gula harian setiap orang. Tapi, kata mas Yutub, buat kamu yang penasaran dengan rasanya, kamu bisa lho buat sendiri di rumah, hihihi.

Alasan kenapa banyak orang suka dengan makanan Korea Selatan

Menurut Hansol, banyak orang dari negara lain termasuk Indonesia yang menyukai makanan khas Korea Selatan karena sering melihat di K-Drama. Pasti di sini juga banyak nih TeMantappu yang ter-influence makanan Korea dari K-Drama atau bahkan idolnya. Hehehe hayo ngaku~

Itu dia rangkuman interview eksklusif TeaMantappu dengan mas Yutub, Jang Hansol. Mau dapet info menarik lainnya seputar Korea Selatan, khususnya Jang Hansol? Tungguin terus ya artikel di website Mantappu!


Source:

Source:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=kqigqHVrB0A
  2. https://www.koreatimes.co.kr/www/culture/2023/11/135_359981.html 
  3. https://www.maangchi.com/recipe/patbingsu 
  4. https://www.koreanbapsang.com/bossam-boiled-pork-wraps/ 
  5. https://www.koreanbapsang.com/galbijjim-korean-braised-beef-short/ 

Recent Posts

Alexander-Matthew-di-Jerman

CCTV dan AC Lumrah di Indonesia, tapi Jarang Ada di Jerman?

Matthew dalam kontennya memang sering membahas berbagai aspek terkait Jerman dari A-Z. Kali ini, ia menyoroti hal-hal yang umum dijumpai di Indonesia, tetapi langka atau bisa disebut barang yang nggak biasa di Jerman. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak!

Jerhemy-Owen-di-Pembangkit-Listrik-Tenaga-Surya-Terapung-terbesar-di-ASEAN

Gaji Tukang Sampah di Belanda Mencapai Dua Digit?

Jerhemy Owen sering mengulas berbagai aspek kehidupan di Belanda, mulai dari kebudayaan, warisan sejarah, hingga lingkungan di sana. Kali ini, Owen membawa kita menelusuri sudut pekerjaan yang mungkin jarang dibahas, yaitu profesi tukang sampah. Kira-kira berapa, sih, gaji tukang sampah di Belanda? Yuk, kita bahas bareng Owen!

Dokter Ekida Rehan

Dokter Ekida: Bahaya Cuci Hidung dengan Air Keran

Beberapa waktu belakangan, sempat ramai fenomena cuci hidung karena banyaknya kasus pilek yang sedang merebak. Namun, di tengah maraknya praktik tersebut, beberapa orang tergoda mencoba mencuci hidung dengan menggunakan air keran dan selang. Pertanyaannya: apakah praktik ini diperbolehkan atau bahkan aman dilakukan? Yuk, kita telusuri penjelasan lebih lanjut dari Dokter Ekida!