Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Makanan Khas Korea Selatan versi Jang Hansol

November 1, 2023

by Adinda Aurel

Annyeong chingudeul! Di artikel kali ini, TeaMantappu mau bahas tentang makanan khas Korea Selatan versi Jang Hansol, nih. Pasti banyak banget dari TeMantappu yang suka banget sama makanan Korea Selatan, iya kan? Penasaran nggak sih apa aja makanan rekomendasi Jang Hansol? TeaMantappu udah rangkum semuanya dalam artikel ini, simak sampe abis yuk!

Makanan khas Korea Selatan yang wajib dicoba ketika berlibur ke Korea Selatan

Wisata kuliner adalah salah satu list yang wajib dilakuin ketika kamu berlibur ke Korea Selatan. Eitss, tapi kamu tau nggak, apa aja sih sebenernya makanan yang wajib dicoba ketika berlibur ke Korea? Nah Hansol membagi 2 rekomendasi nih TeMantappu. Untuk teman-teman Muslim, Hansol merekomendasikan untuk mencoba GalbiJjim (갈비찜) yang berbahan dasar tulang iga. Usut punya usut, katanya, makanan ini biasanya sering disajikan di hari-hari spesial dari jaman dulu, lho!

Source: Korean Bapsang

Terus rekomendasi makanan kedua khusus teman-teman non-Muslim, Hansol merekomendasikan Bossam (보쌈) yang berbahan dasar daging babi. Saat dimasak, Bossam direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga dagingnya super lembut. Biasanya sebagai tambahan, Bossam dimakan bersama dengan sayur-sayuran.

Source: Korean Bopsang

Makanan yang wajib dicoba paling nggak seumur hidup

Emang ada makanan Korea Selatan yang wajib dicoba sekali seumur hidup? Ada dong! Menurut Hansol, kamu harus coba SanNakji (산낙지) paling nggak sekali seumur hidup. SanNakji merupakan sajian makanan berupa gurita kecil yang masih hidup. Sensasi waktu makan ini emang nggak bisa dilupain banget nih, rek!

Source: Youtube @koreareomit

Dessert khas Korea Selatan

Kata Hansol, kalo kamu lagi pergi ke Korea Selatan, jangan lupa untuk coba Bingsoo yang bisa ditemukan di berbagai cafe di Korea. Berbeda dengan yang sering ada di indonesia, salju pada Bingsoo di Korea murni terbuat dari susu lho, dan bukan dari es batu yang diserut. 

Source: Maangchi

Makanan populer saat ini di Korea Selatan

Kalo di Indonesia lagi populer dengan adanya burnt cheesecake, di Korea lagi populer dengan adanya Tanghulu. Tanghulu merupakan dessert yang bahan dasarnya paling banyak buah-buahan yang ditusuk sate kemudian dilumuri dengan sirup gula. Kata mas Yutub, dessert ini paling banyak digemari masyarakat Korea mulai dari anak SD sampai dengan usia 20-an.

Source: The Korea Times

Namun, meskipun Tanghulu memiliki penggemar yang cukup banyak, sayangnya banyak dokter yang tidak menyarankan nih. Kenapa gitu? Karena kandungan gula dalam Tanghulu cukup banyak dan nggak sesuai dengan asupan gula harian setiap orang. Tapi, kata mas Yutub, buat kamu yang penasaran dengan rasanya, kamu bisa lho buat sendiri di rumah, hihihi.

Alasan kenapa banyak orang suka dengan makanan Korea Selatan

Menurut Hansol, banyak orang dari negara lain termasuk Indonesia yang menyukai makanan khas Korea Selatan karena sering melihat di K-Drama. Pasti di sini juga banyak nih TeMantappu yang ter-influence makanan Korea dari K-Drama atau bahkan idolnya. Hehehe hayo ngaku~

Itu dia rangkuman interview eksklusif TeaMantappu dengan mas Yutub, Jang Hansol. Mau dapet info menarik lainnya seputar Korea Selatan, khususnya Jang Hansol? Tungguin terus ya artikel di website Mantappu!


Source:

Source:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=kqigqHVrB0A
  2. https://www.koreatimes.co.kr/www/culture/2023/11/135_359981.html 
  3. https://www.maangchi.com/recipe/patbingsu 
  4. https://www.koreanbapsang.com/bossam-boiled-pork-wraps/ 
  5. https://www.koreanbapsang.com/galbijjim-korean-braised-beef-short/ 

Recent Posts

Melly Krista

Tampil Flawless dengan Pinterest Korean Makeup Ala Melly Krista

Melly Krista aktif membagikan berbagai tips dan trik kecantikan, terutama dalam hal gaya rambut (hair-do), melalui akun media sosialnya. Kali ini, Melly Krista membeberkan tutorial gaya hair styling ala Pinterest Korean Makeup. Yuk, kita lihat hasilnya!

Erika lulus dari universitas di Jepang

Erika Ebisawa Wisuda di Jepang, Tampil Beda Memakai Hakama

Erika Ebisawa berhasil melangsungkan wisuda pada tanggal 22 Maret 2024 lalu. Ia telah menyelesaikan pendidikan S1 di Tokyo University of Foreign Language. Di tengah atmosfer haru berkat kehadiran orang tua dan banyak teman karibnya, yuk, kita simak keseruan wisuda Erika! Kira-kira apa saja, ya, perbedaan wisuda di Indonesia dan di Jepang?

Waseda Boys di India

Waseda Boys dan Perjalanan Penuh Culture Shock di India

India sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial karena banyak orang mempertanyakan keamanan wisatawan yang melakukan travelling di sana usai insiden-insiden kurang menyenangkan yang terjadi di negara tempat Taj Mahal tersebut. Tapi tahu nggak kalau India menjadi salah satu destinasi dalam World Trip Waseda Boys, lho. Yuk, ikuti petualangan Jerome, Tomohiro, Otsuka, dan Yusuke saat menjelajahi India!